Nilai-Nilai Pendidikan Birrul Walidain dalam Film “Ada Surga di Rumahmu” yang disutradarai oleh Aditya gumay

Safira Hazqia, 170201199 (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Birrul Walidain dalam Film “Ada Surga di Rumahmu” yang disutradarai oleh Aditya gumay. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Nilai-Nilai Pendidikan Birrul Walidain dalam Film “Ada Surga di Rumahmu” yang disutradarai oleh Aditya gumay] Text (Nilai-Nilai Pendidikan Birrul Walidain dalam Film “Ada Surga di Rumahmu” yang disutradarai oleh Aditya gumay)
Safira Hazqia, 170201199, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Membahas mengenai hubungan orang tua dan anak tidak akan termakan oleh zaman, namun terlihat dalam fenomena saat ini semakin banyak anak yang tidak menghargai orang tuanya dengan baik. Pendidikan Birrul Walidain menjadi terabaikan. Salah satu komunikasi yang sangat membantu dalam memberikan edukasi terhadap anak dapat dilakukan melalui sebuah media film. Film termasuk sarana belajar yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Film adalah media yang efektif dalam menyampaikan nilai-nilai Pendidikan Birrul Walidain dan dapat membawa penonton untuk menambah wawasan mengenai Pendidikan Birrul Walidain serta dapat dijadikan sebagai bahan renungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Birrul Walidain dalam film Ada Surga di Rumahmu yang disutradarai oleh Aditya Gumay serta hikmah Pendidikan Birrul walidain dalam film “Ada Surga di Rumahmu”. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersumber dari youtube . Hasil kajian mengenai nilai-nilai Pendidikan Birrul Walidain dalam film Ada Surga di Rumahmu yang disutradarai oleh Aditya Gumay adalah Berbuat baik kepada kedua orang tua, Berbicara lemah lembut kepada orang tua, Bersabar dengan pilihan orang tua, Mendengar nasihat orang tua, Komunikasi yang baik dengan orang tua, Mendoakan kedua orang tua, Mengingat jasa orang tua, Merawat orang tua ketika sakit, Bersedekah kepada orang tua, Menghormati guru yang berperan menggantikan orang tua, Menjadi kebanggaan orang tua. Nilai-nilai Birrul Walidain tersebut mengandung hikmah di antaranya sebagai bentuk keimanan dan ketakwaan kepada Allah dan Rasulnya, Sebagai nilai ibadah kepada Allah dan sebagai akhlak terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Safira Hazqia Safira
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:54
Last Modified: 03 Mar 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27279

Actions (login required)

View Item
View Item