Strategi Pengembangan Objek Wisata Bahari Pantai Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang.

Fahmi Zulhijah, 160802016 (2023) Strategi Pengembangan Objek Wisata Bahari Pantai Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Pengembangan Objek Wisata Bahari Pantai Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang] Text (Strategi Pengembangan Objek Wisata Bahari Pantai Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang)
Fahmi Zulhijah, 160802016, FISIP, IAN, 082276276072.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Sebagaimana diketahui, Sabang merupakan suatu wilayah yang berpotensi dalam pengembangan pariwisata yang masih dalam kawasan Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi pemerintah untuk membantu sektor parawisata dan kebijakan dalam pengembangan objek wisata pantai Iboih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengambil lokasi penelitian di Pantai Iboih kecamatan Sukakarya Kota Sabang, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang optimalnya strategi pengembangan objek wisata bahari Pantai Iboih di Kota Sabang dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Sabang didasarkan pada indikator aksesibilitas, kerjasama, dan pengembangan berbasis lingkungan, serta kompetensi sumber daya manusia yang ada pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan belum cukup mendukung terhadap strategi pengembangan dan pengelolaan objek-objek wisata sehingga mengakibatkan objek wisata Pantai Iboih yang dikelola dengan kurang baik. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, maka upaya yang telah dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang yaitu memfokuskan pada kawasan wisata yang harus ditata dan dibenahi yang meliputi peningkatan infrastruktur, penyediaan fasilitas pendukung seperti penyediaan lahan parkir, air bersih, WC umum yang layak untuk kenyamanan pengunjung, melaksanakan kegiatan pembersihan laut dari sampah-sampah, serta menyediakan tempat-tempat sampah di lokasi Pantai Iboih. Disamping itu juga Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang berupaya meningkatkan kerjasama dengan instansi-instansi yang terkait dalam hal pengelolaan pariwisata.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Objek Wisata Bahari Pantai Iboih
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Fahmi Zulhijah Fahmi
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:58
Last Modified: 03 Mar 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27284

Actions (login required)

View Item
View Item