Efektivitas Metode Kauny Quantum Memory Dalam Menghafal Al-Qur’an Di TPA Urwatul Wusqa Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar

Murniati, 140201128 (2019) Efektivitas Metode Kauny Quantum Memory Dalam Menghafal Al-Qur’an Di TPA Urwatul Wusqa Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Metode Kauny Quantum Memory Dalam Menghafal Al-Qur’an Di TPA Urwatul Wusqa Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar] Text (Efektivitas Metode Kauny Quantum Memory Dalam Menghafal Al-Qur’an Di TPA Urwatul Wusqa Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar)
Murniati, 140201128, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pada dasarnya umat Islam berkewajiban secara riil dan konsekuen memelihara Al-Qur’an, salah satunya dengan cara menghafalkannya dan juga memahami maknanya. Tidak semua orang mudah menghafal dan memahami makna Al-Qur’an secara cepat sesuai keinginan, apalagi jika diterapkan pada anak-anak yang malas dan mudah bosan, terlebih pengetahuannya masih terbatas dalam upaya mengetahui maknanya. Salah satu cara memudahkannya harus ada peran guru di dalamnya. Guru sebagai pengajar selalu identi menggunakan teknik/metode-metode tertentu, yang diyakini bisa lebih memudahkan dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam peroses menghafal Al-Qur’an beserta maknanya. Jadi peran guru pasti ada di setiap lembaga-lembaga pendidikan. Tak terkecuali di TPA Urwatul Wusqa desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar yaitu telah menerapkan program menghafal Al-Qur’an dengan metode yang unik. Metode ini identik dengan fun learning atau dikenal dengan metode Kauny Quantum Memory. Adapun tujuan peneliti dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Kauny Quantum Memory,faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Kauny Quantum Memory dalam menghafal Al-Qur’an beserta maknanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Deskriptif dengan menggambarkan latar belakang TPA Urwatul Wusqa Desa Blang Krueng Kecamatan Biatussalam Aceh Besar. Pengumpulan data dialakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, untuk lebih mendapatkan hasil yang lebih maksimal, peneliti mencoba memasukkan kegiatan tes hafalan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kemudian diferivikasi lalu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan teknik tringulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda serta melihathasil tes hafalan selama penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Secara umum pelaksanaan penerapan metode Qauny Kuantum Memory menggunakan beberapa model teknik, di antaranya: baby reading (talaqqi), gerakan, penceritaan kisah-kisah terdahulu, dan berfikir positif (positive thinkking). Secara khusus pelaksanaan penerapan metode Kauny Quantum Memory meliputi: pembukaan oleh guru dengan diawali do’a, muraja’ah I, ziyadah, penilaian, muraja’ah II, dan do’a penutup. (2) Ada beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan penerapan metode auny Kuantum Memory dalam menghafal Al-Qur’an di TPA Urwatul Wusqa Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar, yaitu: (a) Faktor Pendukung dapat dilihat dari metode yang digunakan oleh guru, pembinaan kualitas baik di bidang ilmu tajwid, dan fashahah, adanya program fun learning, minat para santri, partisipasi dan dukungan orang tua, motivasi, pembagian kelompok, dan fasilitas (sarana prasarana) yang memadai, tenaga pengajar maupun bidang pembelajaran yang meliputi, bidang hafalan Al-Qur’an dan Hadis, bidang Fiqih, Tauhid, Akhlak, Sirah, Tahsin, Kitabah. (b) Faktor penghambat pelaksanaan penerapan metode Kauny Quantum Memory dapat disebabkan karena kurangnya kedisiplinan guru maupun santri terlihat dari keterlambatan dalam waktu kegiatan belajar, serta kurangnya kemauan dan dukungan dalam menghafal Al-Qur’an dan tidak konsentrasi, tidak konsentrasi dalam arti metode ini susah diterapkan bagi anak yang memiliki tipekonsentrasi yang rendah dikarenakan metode Kauny Quantum Memory selalu mengkaitkan bacaan dengan gerakan ilustrasi arti, sehingga jika tidak konsentrasi akan menyebabkan anak sudah mengingat apa yang dilontarkan oleh guru, karena metode ini bersifat ilustrasi dan talaqqi. (3) Kegiatan penilaian hasil menghafal Al-Qur’an dengan metode KaunyQKuantum Memory melalui tes hafalan surah Adh-Dhuha. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai rata-rata para santri TPA Urwatul Wusqa desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar mencapai 75% berdasarkan penilaian konsep belajar tuntas. pada umumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.19 Ilmu-ilmu Al-Qur'an yang lain
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murniati Murniati
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:00
Last Modified: 03 Mar 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27287

Actions (login required)

View Item
View Item