Inventarisasi Tumbuhan Spermatophyta Di Lingkungan Sma Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar Sebagai Media Pembelajaran Pada Sub Materi Spermatophyta

Nida Ulfia, 150207043 (2023) Inventarisasi Tumbuhan Spermatophyta Di Lingkungan Sma Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar Sebagai Media Pembelajaran Pada Sub Materi Spermatophyta. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Inventarisasi Tumbuhan Spermatophyta Di Lingkungan Sma Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar Sebagai Media Pembelajaran Pada Sub Materi Spermatophyta] Text (Inventarisasi Tumbuhan Spermatophyta Di Lingkungan Sma Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar Sebagai Media Pembelajaran Pada Sub Materi Spermatophyta)
Nida Ulfia, 150207043, FTK, PBL, 083121272032.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat berperan penting dalam proses pembelajaran, banyaknya tumbuhan spermatophyta dilingkungan sekolah SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar dapat dijadikan referensi suatu media terutama pada materi tumbuhan spermatophyta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis serta melihat kelayakan dari inventarisasi tumbuhan spermatophyta yang terdapat di lingkungan di SMA Negeri 1 Ingin Jaya, Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen biologi UIN Arraniry. Objek dalam penelitian adalah lembar uji kelayakan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan uji kelayakan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar uji kelayakan. Teknik analisis data yaitu menginventariskan tumbuhan dan kelayakan buku saku yang menggunakan rumus persentase kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan jenis tumbuhan spermatophyta sebanyak 47 jenis dimana angiospermae terdiri dari 17 monokotil dan 27 dikotil, sedangkan gymnospermae berjumlah 3 jenis. Hasil uji kelayakan terhadap media pembelajaran buku saku tumbuhan Angiospermae di lingkungan SMA Negri 1 Ingin Jaya Aceh Besar didapatkan total persentase keseluruhan 61% dengan kategori layak. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu inventarisasi tumbuhan yang ada di SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar dapat dijadikan sebagai referensi pembelajaran pada materi spermatophyta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nida Ulfia
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:15
Last Modified: 03 Mar 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27288

Actions (login required)

View Item
View Item