Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanandi Kelas VIII SMPN 1 Suka Makmur Aceh Besar

Raudhatul Jannah, 251222798 (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanandi Kelas VIII SMPN 1 Suka Makmur Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Full text not available from this repository.

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) terhadap hasil belajar siswa pada materi tekanan di kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada materi tekanan kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur; 2) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada materi tekanan kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur. Jenis Penelitian ini adalah true eksperimen dengan pretest-posttest control group design yang melibatkan kelas eksperimen (VIIIB) dan kelas kontrol (VIIIC). Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan soal tes dan angket (kusioner). Hasil tes dianalisis dengan rumus uji t sedangkan angket dianalisis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil uji hipotesis setelah menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa; 2) Siswa menyatakan sangat setuju atau senang terhadap model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada materi tekanan sebesar 60%. Jadi hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) lebih baik dari hasil belajar siswa dengan tidak menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Mursal, M.Si 2.Arusman, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery, Hasil Belajar, Materi Tekanan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2717 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2018 17:29
Last Modified: 07 Jun 2018 07:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item
View Item