Dampak Reward dan Punishment dalam Pembinaan Karakter Santri di Pesantren Maryam Binti Ibrahim Kuta Malaka Aceh Besar

Agnes Annisa, 180201083 (2022) Dampak Reward dan Punishment dalam Pembinaan Karakter Santri di Pesantren Maryam Binti Ibrahim Kuta Malaka Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak Reward dan Punishment dalam Pembinaan Karakter Santri di Pesantren Maryam Binti Ibrahim Kuta Malaka Aceh Besar] Text (Dampak Reward dan Punishment dalam Pembinaan Karakter Santri di Pesantren Maryam Binti Ibrahim Kuta Malaka Aceh Besar)
Agnes Annisa, 180201083, FTK, PAI, 082272130945 ok.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak dari reward dan punishment dalam pembinaan karakter santri di Pesantren Maryam Binti Ibrahim Kuta Malaka Aceh Besar. Karakter yang merupakan fitrah manusia atau potensi bawaan sejak lahir yang harus terus-menerus dipelihara dan dikembangkan. Banyak cara yang dilakukan dalam membina karakter santri salah satunya melalui pemberian reward dan punishment. Pemberian reward ini dilakukan dengan tujuan menanamkan nilai-nilai baik yang dilakukan dengan pembiasaan serta penghargaan ketika melakukan hal yang bersifat positif namun ketika santri melakukan hal negatif ustazah akan memberikan punishment yang sesuai bagi santri. Adapun dalam menelaah kajian ini, penulis melakukan penelitian di Pesantren Maryam Binti Ibrahim. Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang selain mempelajari ilmu Agama tentunya juga sangat mendukung dalam pembinaan karakter santri. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yeng bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci, lengkap dan mendalam terkait dengan situasi yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemberian reward dan punishment berdampak dalam pembinaan karakter santri jika dilakukan dengan baik, sejauh ini sudah menunjukkan hasil yang luar biasa yang menyangkut dalam semangat belajar dan mematuhi peraturan-peraturan yang ada di pesantren. 2) kendala yang dihadapi dalam pembinaan karakter dalam pemberian reward dan punishment santri yaitu kesadaran dirinya masih lemah dalam menjalankan peraturan dan kurang kerja sama antara santri dan ustazah. 3) cara yang dipakai guru dalam pemberian reward dan punishment itu ada yang berbentuk nasehat, menceritakan kisah Nabi dan Para sahabat yang mana ini juga dapat membina karakter santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agnes Annisa Agnes
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:15
Last Modified: 03 Mar 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27290

Actions (login required)

View Item
View Item