Model Terapi Religi Yang Diterapkan Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba Di Yayasan Pintu Hijrah Banda Aceh

Muhammad Hanif, 180404012 (2023) Model Terapi Religi Yang Diterapkan Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba Di Yayasan Pintu Hijrah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Model Terapi Religi Yang Diterapkan Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba Di Yayasan Pintu Hijrah Banda Aceh] Text (Model Terapi Religi Yang Diterapkan Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba Di Yayasan Pintu Hijrah Banda Aceh)
Muhammad Hanif, 180404012, FDK, PMI, 085316002240.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Rehabilitas merupakan suatu upaya pemulihan atau program yang digunakan untuk membantu memulihkan sesesorang yang memiliki penyakit terutama penyakit psikologis. Dalam program rehabilitas dibutuhkan model-model terapi yang efektif untuk dapat diterapkan bagi para residen agar program yang diterapkan berjalan sesuai dengan tujuan rehabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model terapi dan penerapannya bagi korban penyalahgunaan Narkoba di Yayasan Pintu Hijrah Banda Aceh, Menganalisis model terapi religi bagi korban penyalahgunaan Narkoba di Yayasan Pintu Hijrah Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif yang bersifat kualitatif, melalui teknik pengumpulan data: Pengamatan/Observasi, Wawancara mendalam, dan Analisis dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga cara yaitu: Reduksi data, Display data, Conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terapi religi yang diterapkan bagi korban penyalahgunaan Narkoba di Yayasan Pintu Hijrah Banda Aceh diperoleh: Di Yayasan Pintu Hijrah Banda Aceh terdapat empat model terapai yaitu; terapi religi, terapi fisik, terapi psikososial, terapi livelihood. Ke empat terapi tersebut diterapakan sesuai jadwal yang telah di tetapkan oleh pihak manajemen atau pengelola Yayasan Pintu Hijrah Banda Aceh dan didampingi oleh konselor setiap satu kelompok. Pelaksanaan model terapi religi bagi korban penyalahgunaan Narkoba di Yayasan Pintu Hijrah Banda Aceh berlandaskan 12 langkah pemulihan islami dikarenakan banyak korban belum paham masalah agama, dengan adanya terapi religi mereka menjadi tahu bagaimana keutamaan shalat, mengaji, berzikir, berpuasa dan hal-hal positif yang berhubungan dengan agama dan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Hanif Hanif
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:14
Last Modified: 03 Mar 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27291

Actions (login required)

View Item
View Item