Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Peluang Kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh

Tia Nirmalasari, 261222920 (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Peluang Kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada kegiatan proses belajar mengajar, motivasi siswa cenderung meningkat apabila mereka diminta mengerjakan tugas yang mereka mampu kerjakan, namun akan terjadi hal sebaliknya bila tugas yang diberikan terasa sulit. Adapun respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar tergantung dengan metode yang digunakan oleh guru. Jika guru menggunakan metode belajar yang menyenangkan mereka akan antusias untuk belajar, sedangkan jika tidak maka kemauan mereka untuk belajar akan berkurang. Salah satu upaya untuk menumbuhkan motivasi siswa adalah dengan menerapkan suatu pembelajaran yang melibatkan siswa dalam permainan pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap motivasi belajar siswa, dan untuk mengetahui perbandingan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan motivasi belajar dengan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian bersifat quasi eksperiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 5 Banda Aceh, dan sampelnya adalah siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik purposif sampling. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang significant antara penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket motivasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tiga instrumen pengumpulan data yaitu perangkat pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar angket motivasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan dengan bantuan program SPSS versi 20.0 dan menggunakan rumus Korelasi Product Moment, setelah data di konversikan ke skala interval dengan bantuan MSI dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data diperoleh korelasi sebesar 0,2515 hal ini menunjukkan hubungan yang rendah sedangkan signifikan sebesar 0,188, sehingga hipotesis I yang diajukan ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini disebabkan adanya faktor lain yang menjembatani hubungan tersebut. Motivasi belajar juga dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan perantara faktor lain yaitu minat belajar. Dari analisis data dengan menguji hipotesis II diperoleh nilai signifikan (sig.2-tailed) sebesar 0,000 atau 0. Karena 0,000 < 0,05 maka hipotesis II yang diajarkan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas X SMAN 5 Banda Aceh yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Zainal Abidin, M. Pd. 2.Khairatul Ulya, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament, Motivasi Belajar siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Filsafat Agama
Depositing User: Users 2717 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2018 17:42
Last Modified: 02 Mar 2018 17:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2730

Actions (login required)

View Item View Item
TOP