Turnitin: Islam dan Konsep Keseimbangan dalam Lini Kehidupan

Fauziah Nurdin, 2030125802 (2023) Turnitin: Islam dan Konsep Keseimbangan dalam Lini Kehidupan. Proceedings of International Conference on Islamic Studies.

[thumbnail of Turnitin: Islam dan Konsep Keseimbangan dalam Lini Kehidupan] Text (Turnitin: Islam dan Konsep Keseimbangan dalam Lini Kehidupan)
Turnitin ISLAM_DAN_KONSEP_KESEIMBANGAN_DALAM_LINI_KEHIDUPAN_1.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Islam adalah sebuah agama yang sumber rujukan utamanya adalah al-Quran. Al-Quran merupakan pedoman hidup yang didalamnya mengandung berbagai isi untuk menyelesaikan persoalan hidup umat manusia.Demikian juga hal nya dengan konsep keseimbangan hal yang tidak luput disinggungnya. Hal inilah yang membuat Yusuf Qardhawi menyerukan kepada umat Islam untuk menetrapkan konsep kesimbangan ini di dalam seluruh lini kehidupan karena menurutnya konsep keseimbangan ini merupakan ciri khas dan karakteristik Islam yang membedakan mereka dengan agama lain. Akan tetapi ababila diamati dari berbagi segi nampak bahwa, dari satu sisi konsep keseimbangan lengkap diutarakan al-Quran. Tapi dari sisi historis mereka gagal dalam penetrapannya. Hal inilah yang menggugah penulis untuk mengangkat penelitian ini karena ingin mengetahui: 1. Bagaimana al-Quran berbicara tentang keseimbangan. 2. Bagaimana konsep keseimbangan menurut intelektual Islam. Dan ke 3. Bagaimana penetrapan konsep keseimbangan umat Islam dalam lintasan sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Dalam pedekakatan al-Quran menggunakan metede maudhu,i yaitu memilih ayat-ayat al-Quran yang berkenaan dengan topik yang dibahas dan menganalisisnya sesuai dengan konteks yang dikaji. Dalam menganlisis dokumen menggunakan metode kualitatif deskriptf. Dalam penyusunan penulisan megunakan metode historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.ayat-ayat al-Quran bnyak berisi tentang keseimbangan hidup baik keseimbangan alam maupun keseimbangan sosial. 2. Keseimbangan menurut Yusuf Qardhawi adalah dua eksteim yang bertentangan. Dalam lintasan sejarah umat Islam kurang mampu pengimplementasi konsep keseimbangan baik dari kalangan mutakallimin, Fuqaha, dan sebahagian Filosof dan fatal dari kalangan saintis.

Item Type: Other
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Fauziah Nurdin
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:03
Last Modified: 06 Mar 2023 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27308

Actions (login required)

View Item
View Item