Penggunaan Model Inkuiri Dan Nilai Islami Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 2 Trienggadeng Pidie Jaya

Mildatul Aulya, 180209099 (2023) Penggunaan Model Inkuiri Dan Nilai Islami Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 2 Trienggadeng Pidie Jaya. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Mildatul Aulya, 180209099, FTK, PGMI, 082321416900.pdf] Text
Mildatul Aulya, 180209099, FTK, PGMI, 082321416900.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang terjadi pada SD Negeri 2 Trienggadeng masihlah sangat biasa dimana hanya menggunakan metode ceramah maka membuat ketuntasan hasil belajar seswa menurun. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri dan mengaitkannya dengan nilai islami. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes. Data tersebut dihitung dengan menggunakan rumus. Adapun nilai yang diperoleh melibatkan aktivitas guru disiklus I yaitu 63,31% masuk dalam kategori “baik” dan pada siklus II 81,81% mengalami peningkatan dalam kategori “baik”, sedangkan pada aktivitas siswa pada siklus I yaitu 71,42% masuk dalam kategori “cukup”. Dan pada siklus II meningkat dengan kategori “baik sekali” dengan perolehan nilai 88, 09%. Adapun hasil hasil belajar siswa pada model inkuiri dan mengaitkannya dengan nilai islami pada siklus I yaitu 68,68% masuk dalam kategori “cukup” dan pada siklus II yaitu 74,84 dalam kategori “baik”. Bedasarkan permasalahan yang telah dipaparkan maka dapat dikatakan bahwa penggunaan model inkuiri dan nilai islami pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Depositing User: Mildatul Aulya
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:19
Last Modified: 06 Mar 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27314

Actions (login required)

View Item
View Item