Kesiapan Peserta Didik Pada Survei Karakter Asesmen Nasional di MIN 27 Aceh Besar

Dea Adila Sukma, 180209076 (2022) Kesiapan Peserta Didik Pada Survei Karakter Asesmen Nasional di MIN 27 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Asesmen Nasional] Text (Asesmen Nasional)
Dea Adila Sukma, 180209076, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Seiring dengan perubahan yang terjadi pada kurikulum pembelajaran, pemerintah melalui surat edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 memutuskan bahwa ujian nasional ditiadakan dan digantikan oleh Asesmen Nasional. Asesmen Nasional dilakukan dengan menggunakan komputer, sehingga dinamakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Asesmen Nasional terdiri dari 3 instrumen, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan peserta didik pada survei karakter asesmen nasional. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Instrument penelitian meggunakan kuisioner atau angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kesiapan peserta didik dari 53 peserta didik di MIN 27 Aceh Besar diketahui bahwa, 6 peserta didik (11,3%) masuk dalam kategori peserta didik yang kurang baik pada survei karakter asesmen nasional. Selanjutnya, 19 peserta didik (36,0%) masuk dalam kategori peserta didik yang cukup baik pada survei karakter asesmen nasional. Kemudian, 23 peserta didik (43,3%) masuk dalam kategori peserta didik yang baik pada survei karakter asesmen nasional. Dan, 5 peserta didik (9,4%) masuk dalam kategori peserta didik yang sangat baik pada survei karakter asesmen nasional. Maka berdasarkan data diatas dapat dipahami bahwa kesiapan peserta didik pada survei karakter asesmen nasional di MIN 27 Aceh Besar tergolong baik. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah didapati bahwa sebagian dari peserta didik memang belum memilki kesiapan pada survei karakter terutama asesmen nasional. Namun, sekolah dan kepala sekolah melakukan berbagai cara, salah satunya yakni memberikan informasi-informasi tentang asesmen nasional serta tatacara pelaksanaannya agar para peserta didik siap untuk melaksanakan survei karakter pada asesmen nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dea Adila Sukma Dea
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:09
Last Modified: 06 Mar 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27329

Actions (login required)

View Item
View Item