Responsivitas Pelayanan Pasien Kartu Indonesia Sehat (KIS) Di Puskesmas Ulee Kareng Kota Banda Aceh

Mubarik, 170802141 (2023) Responsivitas Pelayanan Pasien Kartu Indonesia Sehat (KIS) Di Puskesmas Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Responsivitas Pelayanan Pasien Kartu Indonesia Sehat (KIS) Di Puskesmas Ulee Kareng Kota Banda Aceh] Text (Responsivitas Pelayanan Pasien Kartu Indonesia Sehat (KIS) Di Puskesmas Ulee Kareng Kota Banda Aceh)
Mubarik, 170802141, FISIP, IAN, 0822599996.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Puskesmas menjadi ujung tombak dalam sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. Artinya, kualitas pelayanan di Puskesmas menjadi tolak ukur bagi kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Berdasarkan Peraturan BPJS Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan, Puskesmas merupakan salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS). Puskesmas menjadi FKTP bagi pasien pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS), baik itu pasien dengan skema iuran maupun pasien PBI (Penerima Bantuan Iuran). Karena keberadaannya sebagai FKTP bagi pasien KIS, Puskesmas dituntut untuk memiliki kualitas pelayanan prima dengan responsivitas yang baik. Penelitian ini ingin melihat bagaimana responsivitas pelayanan bagi pasien KIS di salah satu Puskesmas di Banda Aceh, yaitu Puskesmas Ulee Kareng. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, responsivitas pelayanan terhadap pasien KIS di Puskesmas Ulee Kareng sudah cukup baik dilihat dari indikator kecepatan pelayanan, ketepatan waktu pelayanan, dan respon terhadap semua keluhan. Namun, masih ada catatan terkait respon yang kurang ramah dari petugas kesehatan, masih adanya kendala teknis jaringan komputer, dan kurang handalnya petugas dalam mengoperasikan komputer.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mubarik Mubarik
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:18
Last Modified: 07 Mar 2023 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27341

Actions (login required)

View Item
View Item