Perancangan Pusat Rehabilitasi Dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Di Banda Aceh (Pendekatan Arsitektur Perilaku)

Cut Berliana, 170701031 (2023) Perancangan Pusat Rehabilitasi Dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Di Banda Aceh (Pendekatan Arsitektur Perilaku). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Perancangan Pusat Rehabilitasi Dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Di Banda Aceh (Pendekatan Arsitektur Perilaku)] Text (Perancangan Pusat Rehabilitasi Dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Di Banda Aceh (Pendekatan Arsitektur Perilaku))
Cut Berliana, 170701031, FST, SA, 082274219466.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus yang merupakan kelompok anak-anak dengan keterbatasan baik dalam hal fisik maupun non fisik seiring berjalan waktu terus bertambah jumlahnya ditengah masyarakat termasuk di Kota Banda Aceh. Peningkatan jumlah anak berkebutuhan khusus menjadi hal yang perlu dipikirkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam memenuhi hak mereka terutamanya adalah hak mendapatkan jaminan kesehatan dan rehabilitasi sosial yang akan membantu meningkatkan kualitas hidup dikemudian hari. Rehabilitasi sosial dan terapi anak berkebutuhan khusus menjadi dua hal yang memeiliki peran penting untuk didapatkan oleh anak-anak dengan masing-masing keterbatasan, dalam menghadirkan lingkungan tersebut maka perlu adanya pemahaman dalam hal perilaku-perilaku khusus anak-anak tersebut agar menghasilkan desain lingkungan yang dapat mewadahi perilaku serta membantu meningkatkan efektifitas proses rehabilitasi dan terapi. Dengan pendekatan arsitektur perilaku dan konsep dasar sensori yang diupayakan akan mendukung proses terapi didalam dan luar ruangan baik secara fisik maupun non fisik dengan menstimulasi 5 panca indera kelompok anak-anak dalam merespon lingkungannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Cut Berliana
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:35
Last Modified: 07 Mar 2023 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27343

Actions (login required)

View Item
View Item