Pengaruh Pengolesan Getah Pepaya (Carica papaya) pada Cangkang Telur Ayam Ras Petelur Coklat (Gallus gallus domesticus) Terhadap Cemaran Salmonella sp. dan Kualitas Telur

Ridha Maulidia Arif, 170703003 (2022) Pengaruh Pengolesan Getah Pepaya (Carica papaya) pada Cangkang Telur Ayam Ras Petelur Coklat (Gallus gallus domesticus) Terhadap Cemaran Salmonella sp. dan Kualitas Telur. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pengolesan Getah Pepaya (Carica papaya) pada Cangkang Telur Ayam Ras Petelur Coklat (Gallus	gallus domesticus) Terhadap Cemaran Salmonella sp. dan Kualitas Telur] Text (Pengaruh Pengolesan Getah Pepaya (Carica papaya) pada Cangkang Telur Ayam Ras Petelur Coklat (Gallus gallus domesticus) Terhadap Cemaran Salmonella sp. dan Kualitas Telur)
SKRIPSI RIDHA MAULIDIA ARIF, 170703003 (WATERMARK).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kontaminasi Salmonella sp. pada telur terjadi salah satunya karena bakteri mampu masuk ke dalam telur melalui pori-pori yang terdapat pada cangkang telur. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pengawetan dengan mengoleskan getah pepaya pada cangkang telur. Sifat dari getah pepaya yang mudah mengeras, dimanfaatkan untuk membentuk lapisan pada cangkang telur ayam agar dapat menutup pori-pori cangkang telur ayam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengolesan getah pepaya pada telur ayam ras terhadap cemaran bakteri Salmonella sp. dan kualitas telur ayam ras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan dengan 8 ulangan dan kontrol setiap perlakuan masa simpan yaitu 7, 14 dan 21 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengolesan getah pepaya pada telur ayam ras dengan masa simpan yang berbeda tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap cemaran bakteri Salmonella sp. Pengolesan getah pepaya pada telur ayam ras dengan masa simpan yang berbeda memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas telur ditinjau dari hasil Penyusutan Bobot Telur (PBT) dan Indeks Kuning Telur (IKT), tetapi tidak berpengaruh signifikan dari Indeks Putih Telur (IPT) dan Haugh Unit (HU).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Ridha Maulidia Arif Ridha
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:37
Last Modified: 07 Mar 2023 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27345

Actions (login required)

View Item
View Item