Pengelolaan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Banda Aceh

Alvira Rizky Mauliza, 180206061 (2023) Pengelolaan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Banda Aceh. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Alvira Rizky Mauliza, 180206061, FTK, MPI, 082273510039.pdf] Text
Alvira Rizky Mauliza, 180206061, FTK, MPI, 082273510039.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pengelolaan pembelajaran merupakan sebuah proses pendidikan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik tidak terkecuali peserta didik berkebutuhan khusus, karena mereka juga berhak untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus sebagaimana peserta didik pada umumnya. SLB Negeri Banda Aceh jenjang SD merupakan salah satu sekolah yang mendidik peserta didik berkebutuhan khusus, salah satunya yaitu peserta didik berkebutuhan khusus tunagrahita yang mengalami kesulitan dalam mengelola pembelajaran dan mengalami kelainan meliputi intelektual di bawah rata-rata dan di sertai dengan ketidakmampuan dalam adaptasi perilaku yang muncul dalam masa perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus di SLB Negeri Banda Aceh, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus di SLB Negeri Banda Aceh dan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus di SLB Negeri Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah waka kurikulum dan guru kelas tunagrahita SLB Negeri Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran yang dipersiapkan oleh guru yaitu RPP, akan tetapi dilakukan penyesuaian materi dengan mengurangi atau menurunkan tingkat kesulitan materi pembelajaran yang tidak dapat diterima oleh peserta didik berkebutuhan khusus, (2) Pelaksanaan pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus, guru terlebih dahulu mengasesmen peserta didik sehingga dapat menyiapkan alat, metode atau media pembelajaran yang di butuhkan peserta didik berkebutuhan khusus agar tercapainya tujuan pembelajaran, (3) Evaluasi pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus dilakukan dengan memberikan sebuah tes yang sesuai dengan kemampuan mereka disertai dengan mencatat perkembangan mereka selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alvira Rizky Mauliza
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:38
Last Modified: 07 Mar 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27348

Actions (login required)

View Item
View Item