Peran Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kota Banda Aceh Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Masa Covid-19 Di Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh

Alhilal Sufi, 180404058 (2023) Peran Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kota Banda Aceh Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Masa Covid-19 Di Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kota Banda Aceh Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Masa Covid-19 Di Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh] Text (Peran Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kota Banda Aceh Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Masa Covid-19 Di Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh)
Alhilal Sufi, 180404058, FDK, PMI, 085358450279.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini disusun dalam rangka membahas tentang Peran Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kota Banda Aceh Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Dan Menegah Pada Masa Corona Virus Disease 2019. Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kota Banda Aceh Permasalahan utama adalah Usaha Mikro Kecil Dan Menegah pada saat terjadinya pandemi Covid-19 mengalami penurunan pendapatan akibat dari pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Peran Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kota Banda Aceh Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Dan Menegah Pada Masa Covid-19. Virus corona memberikan dampak yang cukup luas terhadap kegiatan yang dilakukan masyarakat, salah satunya adalah dampak dalam kegiatan perekonomian baik mikro maupun makro. Pandemi ini melanda dan menghancurkan tatanan pereknomian global, sehingga dibutuhkan peran dari Dinas Koperasi UKM dan Perdaganggan untuk menstabilkan perkembangan UMKM. Dalam Jenis penelitian ini adalah Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Yang dimana Informan dengan jumlah sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Ulee Karengm engalami kemerosotan sejak terjadinya pandemic Covid-19. Kondisi UMKM yang terlihat dapat berupa penurunan omset, penurunan daya beli, serta sulitnya memperoleh bahan baku. Peran dari Dinas Koperasi dan UKM Banda Aceh terhadap perkembangan UMKM di Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh pada masa Covid-19 telah dilakukan melalui permodalan, pemberian sarana dan prasarana, pelatihan dan pemberdayaan, pemasaran produk, serta melakukan pengawasan. Dimana semua hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengembangan UMKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Alhilal Sufi Ilal
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:42
Last Modified: 07 Mar 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27351

Actions (login required)

View Item
View Item