Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Pada Volume Tabung Dan Kerucut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Di MIN 22 Aceh Besar.

Mahlil Khusairi, 170209105 (2023) Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Pada Volume Tabung Dan Kerucut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Di MIN 22 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Pada Volume Tabung Dan Kerucut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Di MIN 22 Aceh Besar] Text (Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Pada Volume Tabung Dan Kerucut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Di MIN 22 Aceh Besar)
Mahlil Khusairi, 170209105, FTK, PGMI, 082239696857.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang bersifat abstrak yang harus dikonkritkan sehingga siswa tidak kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran seperti yang terjadi di kelas VI MIN 22 Aceh besar guru hanya menggunakan metode ceramah dalam mengajar sehingga hasil belajar di bawah KKM yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan alat peraga pada volume tabung dan kerucut di kelas VI MIN 22 Aceh Besar yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan soal tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 58,33% dengan kategori cukup, siklus II yaitu 71,66% dengan kategori baik, dan siklus III meningkat menjadi 91,66% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 61,66% dengan kategori cukup, siklus II yaitu 76,66% dengan kategori baik, dan pada siklus III meningkat menjadi 94,64% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 59,09% dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh 72,72% dengan kategori baik, dan pada siklus III meningkat menjadi 90,90% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga pada volume tabung dan kerucut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI MIN 22 Aceh Besar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Hasil Belajar
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mahlil Khusairi
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:47
Last Modified: 07 Mar 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27353

Actions (login required)

View Item
View Item