Kontestasi Huda Dalam Politik Dan Pemerintahan Di Aceh Besar

Bunga Febriana, 170801073 (2022) Kontestasi Huda Dalam Politik Dan Pemerintahan Di Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kontestasi Huda Dalam Politik Dan Pemerintahan  Di Aceh Besar] Text (Kontestasi Huda Dalam Politik Dan Pemerintahan Di Aceh Besar)
Bunga Febriana, 170801073, FISIP, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Organisasi Himpunan Ulama Dayah Aceh atau yang disebut dengan singkatan HUDA merupakan sebuah organisasi yang didirikan di Makam Syiah Kuala Banda Aceh pada tanggal 14 September 1999. Pembentukan HUDA atau proses lahirnya HUDA terkait erat dengan isu perdamaian Aceh pada saat itu. Tujuan HUDA tidak lain untuk menampung semua aspirasi masyarakat dan juga berjuang untuk menyelesaikan sebuah konflik yang berkepanjangan masa itu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh HUDA dalam pengambilan kebijakan di pemerintahan Aceh Besar dan untuk mengetahui HUDA dan pemetaan kekuatan politik dalam perumusan kebijakan di Aceh Besar. Penelitin ini menggunakan metode penelitian kualitif dengan pendekatan diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Huda tidak terlibat langsung dalam, namun Waled Husaini dan anggota DPRK dari PDA yang masuk memberikan usulan program yang telah diusulkan oleh Huda. Dari data dilapangan ternyata hanya ada 3 usulan program yang mampu dipengaruhi oleh Huda dan jumlah tersebut sangat kecil dibandingkan porsi lain yang dikuasai oleh Bupati Aceh Besar. Kemudian lembaga otoritas keagamaan walaupun mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap publik, namun tidak mampu membangun bargaining dengan kekuatan aktor politik lain dalam kontestasi politik di pemerintahan Aceh Besar. Hal ini dibuktikan dengan lembaga sebesar Huda yang tidak punya impact untuk mempengaruhi kebijakan di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menyimpulkan Huda sebagai organisasi yang memiliki otoritas kekuasaan memiliki pengaruh yang tidak signifikan dalam pengambilan keputusan di pemerintahan Aceh Besar. Hal tersebut terjadi karena minimnya kekuatan politik Huda dalam keseluruhan pemetaan aktor dan sumberdaya dominan dalam pengambilan keputusan di Aceh Besar. Kubu PAN memiliki kekuatan politik dan pendukungnya dalam memasukkan kebijakan sedangkan HUDA tidak memiliki kekuatan politik dan sumberdaya yang kuat sehingga mengurangi pengaruh HUDA dalam pengambilan keputusan di Aceh Besar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Bunga Febriana Bunga
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:00
Last Modified: 07 Mar 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27354

Actions (login required)

View Item
View Item