Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam pemberian layanan bimbingan karir kepada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Zuriatul Aini, 170213113 (2022) Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam pemberian layanan bimbingan karir kepada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam pemberian layanan bimbingan karir kepada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar] Text (Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam pemberian layanan bimbingan karir kepada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar)
ZURIATUL AINI SKRIPSI (cetak).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Program bimbingan karir di tingkat SMK bertujuan untuk membantu siswa dalam merencanakan karir dimasa mendatang, menciptakan kemandirian siswa agar mampu mempersiapkan dirinya dengan baik terhadap pilihan karir, pemilihan dunia kerja, dan dunia pendidikan perguruan tinggi. Fenomena dilapangan, terdapat beberapa siswa kelas XII SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya yang kesulitan memilih jurusan/program studi yang akan dimasuki setelah lulus sekolah. Hal ini disebabkan, banyak siswa yang belum memahami perencanaan karir sehingga belum bisa menentukan pilihan karirnya. Oleh karena itu perlu strategi yang tepat agar siswa bisa merencanakan karirnya. Penelitian ini bertujuan: (1)Mengetahui Strategi guru BK dalam pemberian bimbingan layanan karir kepada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya. (2)Mengetahui Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir di SMKN 1 Al-Mubarkeya. (3)Mengetahui faktor pendukung dan penghambat bagi guru BK dalam pemberian layanan bimbingan karir pada siswa kelas XII di SMKN 1 Al-Mubarkeya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, yang menjadi subjek pada penelitian adalah tiga orang guru BK dan siswa kelas XII SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru BK dalam pemberian bimbingan layanan karir kepada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya adalah pelaksanaan layanan lintas kelas besar, dengan memberikan layanan informasi, serta menggunakan teknik diskusi, ceramah dan tanya jawab dengan siswa. Faktor Pendukung, bahwa guru BK di SMKN 1 Al-Mubarkeya sudah memenuhi standar profesi keguruan, sebagai lulusan dari S1 Bimbingan dan Konseling serta memiliki Pengalaman dan kemampuan sebagai guru BK. Faktor Penghambat, tidak tersedianya jam kelas khusus untuk BK, dan kurangnya minat siswa untuk berkonsultasi perihal penataan karir mereka kepada guru BK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Zuriatul Aini Aini
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:00
Last Modified: 07 Mar 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27357

Actions (login required)

View Item
View Item