Kepemimpinan Keuchik Perempuan Dan Laki-Laki Dalam Pembangunan Gampong (Studi Komparatif Gampong Lamglumpang dan Gampong Cot Mesjid Kota Banda Aceh)

Nadita Ardilla, 180802014 (2022) Kepemimpinan Keuchik Perempuan Dan Laki-Laki Dalam Pembangunan Gampong (Studi Komparatif Gampong Lamglumpang dan Gampong Cot Mesjid Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kepemimpinan] Text (Kepemimpinan)
Nadita Ardilla, 180802014, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan bagaimana cara mempengaruhi orang lain, bawahan serta pengikut agar mau mencapai tujuan yang diinginkan atau yang sudah direncanakan pemimpin. Kepemimpinan perempuan merupakan konsep mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, motivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Kepemimpinan laki-laki biasanya cenderung memiliki emosi yang lebih stabil dan mampu berpikir jernih dalam suasana yang keruh, dan laki-laki memiliki kecenderungan untuk mempengaruhi ketimbang dipengaruhi, oleh karena itu dikatakan bahwa laki-laki menjadi syarat utama seorang pemimpin. Pembangunan merupakan sebuah upaya terencana serta terprogram yang dilakukan secara terus menerus guna untuk meningkatkan masyarakat yang lebih baik. Penelitian ini akan melihat bagaimana kepemimpinan keuchik perempuan dan laki-laki dalam pembangunan Gampong, dan apakah faktor yang menghambat kepemimpinan keuchik perempuan di Gampong Cot Mesjid dan keuchik laki-laki di Gampong Lamglumpang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan komparasi dengan informan penelitian adalah Keuchik, Aparatur Gampong, Masyarakat Gampong Cot Mesjid dan Gampong Lamglumpang. Pengumpulan Data dengan wawancara, Observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan perempuan dan laki-laki dalam pembangunan Gampong sudah dapat dikatakan layak dan baik, dikarenakan kedua pemimpin ini sudah menerapkan indikator kepemimpinan dalam memimpin walaupun kedua kepemimpinan ini mempunyai perbedaan serta hambatan masing-masing dalam memimpin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nadita Ardilla Nadita
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:06
Last Modified: 07 Mar 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27358

Actions (login required)

View Item
View Item