Analisis Standar Pelayanan Minimal Desa Di Kantor Keuchik Gampong Ujong Baroh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat

Marsyitah Meilani, 180802008 (2022) Analisis Standar Pelayanan Minimal Desa Di Kantor Keuchik Gampong Ujong Baroh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kinerja] Text (Kinerja)
Marsyitah Meilani, 180802008, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Standar Pelayanan Minimal Desa merupakan sebuah mutu dalam proses pelayanan yang harus dipenuhi kepada masyarakat Desa secara minimal, maka permasalahan yang terjadi di Kantor Keuchik Gampong Ujong Baroh yaitu, dalam tahapan penyelesaian Administrasi pelayanan, serta peran Masyarakat, sebagaimana yang diberlakukan dalam Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Minimal desa, yang bertujuan mendorong percepatan pelayanan serta sebagai alat kontrol masyarakat terhadap kinerja Pemerintahan Desa, dalam pasal 5 Standar Pelayanan Minimal Desa yang meliputi, penyediaan dan penyebaran informasi pelayanan, penyediaan data dan informasi Administrasi kependudukan dan pertanahan, pemberian surat keterangan, penyederhanaan pelayanan dan pengaduan masyarakat. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui bagaimana Standar Pelayanan Minimal Desa di Kantor Keuchik Gampong Ujong Baroh, serta yang menjadi faktor penghambat dalam proses Standar Pelayanan Minimal Desa. Goegrafi Kantor Keuchik Gampong Ujong Baroh berada di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat di Pusat Kota Meulaboh, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang meliputi tahapan Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Dokumentasi dan Wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Standar Pelayanan Minimal Desa di Kantor Keuchik Gampong Ujong Baroh sudah mengacu dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2017 pasal 5 tentang Standar Pelayanan Minimal Desa. tetapi ada beberapa faktor dalam penyediaan data dan informasi kependudukan dan pertanahan belum adanya pembaruan data Administrasi kependudukan pada tahun 2022 masih memakai data sensus kependudukan pada tahun 2020/2021, serta belum adanya buku Tanah Kas Desa dalam administrasi pertanahan di Kantor Keuchik Gampong Ujong Baroh, dan belum adanya tempat khusus pengaduan Masyarakat, tetapi Aparatur Kantor Keuchik Gampong Ujong Baroh selalu berusaha meningkatkan pelayanan sesuai dengan Standar mutu serta mengikuti peran masyarakat dalam proses pembangunan Gampong.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Marsyitah Meilani Tata
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:06
Last Modified: 07 Mar 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27359

Actions (login required)

View Item
View Item