Strategi Komunikasi Dinas Pemuda Dan Olahraga Aceh Dalam Mensosialisasikan Program Kepemudaan Terhadap Organisasi Kemasyarakatan Dan Kepemudaan

Muhammad Afdha, 170401081 (2022) Strategi Komunikasi Dinas Pemuda Dan Olahraga Aceh Dalam Mensosialisasikan Program Kepemudaan Terhadap Organisasi Kemasyarakatan Dan Kepemudaan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Komunikasi Dinas Pemuda Dan Olahraga Aceh Dalam Mensosialisasikan Program Kepemudaan Terhadap Organisasi Kemasyarakatan Dan Kepemudaan] Text (Strategi Komunikasi Dinas Pemuda Dan Olahraga Aceh Dalam Mensosialisasikan Program Kepemudaan Terhadap Organisasi Kemasyarakatan Dan Kepemudaan)
Muhammad Afdha, 170401081, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi organisasi merupakan komunikasi dari atasan kepada bawahan, komunikasi (horizontal) sesama karyawan, pembuatan keputusan dan lain sebagainya. Komunikasi organisasi meliputi pesan dan arusnya, tujuan, arah, media, komunikasi orang dan sikap, perasaan, hubungan dan keterampilan/skill. Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh bergerak dalam salah satu bidang dengan program kepemudaan guna mempersiapkan pemuda-pemuda Aceh yang handal dalam menlanjuti titah perjuangan bangsa. Namun, terjadi kesenjangan komunikasi antara Dispora dan Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan dalam mensosialisasikan program kepemudaan. Maka, fokus penelitian ini mengkaji tentang strategi komunikasi Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh dalam mensosialisasikan program kepemudaan terhadap organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis program kepemudaan di Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh dan strategi komunikasi Dinas pemuda dan Olahraga Aceh dalam mensosialisasikan program kepemudaan kepada Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Aceh. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa program kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga berbentuk Peringatan Sumpah Pemuda tingkat Provinsi, Apresiasi Pemuda Berprestasi, Pelatihan Manajemen Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan, Pelatihan Kesadaran Bela Negara, Penguatan Organisasi Purna Program Kepemudaan, Kapal Pemuda Nusantara, Pemberdayaan Wirausaha Muda Aceh, Penyuluhan Pencegahan Penggunaan Narkoba di Kalangan Generasi Muda, Pertukaran Pemuda Provinsi dan Negara, dan Aksi Bakti Sosial Kepemudaan. Kemudian, strategi komunikasi yang digunakan Dispora Aceh melalui Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Pemuda, Pendataan Potensi Kepemudaan di Aceh, Fasilitasi Pekan Temu Wicara Organisasi Kepemudaan serta Publikasi lewat Media Sosial, terhadap program-program yang dikucurkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Afdha Afdha
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:03
Last Modified: 07 Mar 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27360

Actions (login required)

View Item
View Item