Analisis Risiko Pada Pembatalan Oleh Calon Jama’ah Umrah Dalam Perspektif Akad Ija ̅rah ‘Ala Al-amal (Suatu Penelitian Pada Perusahaan Travel Umrah Berlokasi di Banda Aceh ).

Cut Zatadini, 190102172 (2023) Analisis Risiko Pada Pembatalan Oleh Calon Jama’ah Umrah Dalam Perspektif Akad Ija ̅rah ‘Ala Al-amal (Suatu Penelitian Pada Perusahaan Travel Umrah Berlokasi di Banda Aceh ). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Risiko Pada Pembatalan Oleh Calon Jama’ah        Umrah Dalam Perspektif Akad Ija ̅rah ‘Ala Al-amal (Suatu Penelitian Pada Perusahaan Travel Umrah Berlokasi di Banda Aceh ).] Text (Analisis Risiko Pada Pembatalan Oleh Calon Jama’ah Umrah Dalam Perspektif Akad Ija ̅rah ‘Ala Al-amal (Suatu Penelitian Pada Perusahaan Travel Umrah Berlokasi di Banda Aceh ).)
(SKRIPSI) Cut Zatadini, 190102172, 2022, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Umrah merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan islam bagi umat yang mampu secara finansial, travel umrah menawarakan produk jasa untuk melayani calon jama’ah umrah dalam memudahkan pelaksanaan ibadah umrah ke tanah suci Makkah. Konsep akad yang digunakan pada transaksi pembiayaan travel umrah dan calon jamaah umrah menggunakan akad ija ̅rah ‘ala al-amal. Dalam hal ini, permasalahan yang dihadapi oleh travel umrah yaitu terjadinya pembatalan sepihak yang dilakukan oleh calon jama’ah umrah yang menyebabkan kerugian pada travel umrah baik dari segi waktu, tenaga, kesempatan, dan dana yang telah dimodalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis risiko pada pembatalan oleh calon jama’ah umrah dalam perspektif akad ija ̅rah ‘ala al-amal, penelitian berlokasi di Banda Aceh pada PT. Al-Muchtar Tour & Travel dan PT. Tafahna Cahaya Wisata, untuk mengetahui kebijakan yang dilakukan manajemen travel umrah dalam menghadapi risiko terjadinya pembatalan yang dilakukan oleh calon jama’ah umrah, serta untuk mengetahui perspektif akad ija ̅rah ‘ala al-amal dalam manajemen risiko pada pembatalan yang dilakukan oleh calon jama’ah umrah. Proses penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pihak yang bersangkutan. Kebijakan yang dilakukan oleh travel umrah dalam menghadapi risiko pembatalan yang dilakukan oleh calon jama’ah umrah dengan menganalisa yang menjadi faktor calon jama’ah melakukan pembatalan, keputusan yang diambil oleh pihak travel umrah dengan calon jama’ah yang melakukan pembatalan secara kesepakatan bersama atas kontrak secara lisan maupun tulisan. Perspektif akad ija ̅rah‘ala al-amal dalam manajemen risiko pada pembatalan yang dilakukan oleh calon jama’ah umrah dengan cara menetapkan persentase pemotongan paket yang telah disetujui sebelumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Cut Zatadini Dini
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:11
Last Modified: 07 Mar 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27363

Actions (login required)

View Item
View Item