Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Saweria di Youtube (Analisis Perspektif Fiqh Muamalah)

Muhammad Hafid Siddiq, 150102107 (2022) Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Saweria di Youtube (Analisis Perspektif Fiqh Muamalah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Saweria di Youtube] Text (Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Saweria di Youtube)
Muhammad Hafid Siddiq, 150102107, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Saweria merupakan sebuah platform yang menyediakan wadah agar para penonton, penikmat atau penggemar karya seorang Youtuber bisa menyalurkan donasi untuk Youtuber tersebut. Donasi di Saweria bisa dilakukan dengan cara masuk ke Link yang sudah disediakan Youtuber di deskripsi video yang sedang di live streaming-kan atau bisa dengan scan barcode yang dipasang di video Youtuber tersebut ketika sedang live streaming. Penelitian ini meninjau praktik saweria yang digunakan para donator dan content creator dalam pandangan hukum Islam. Menganalisa praktik saweria dalam perspektif fiqh muamalah apakah sudah sesuai agar tidak menimbulkan gharar ketika berdonasi. Pendekatan penelitian ini secara kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, dan pengumpulan data dengan wawancara dengan responden dan
data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan saweria memudahkan untuk mereka yang ingin berdonasi tanpa harus bertatap muka secara langsung lewat website donasi online dalam hal ini yaitu Saweria yang memudahkan para content creator untuk bisa memonetisasikan hasil karyanya. Dalam hukum Islam, Saweria boleh-boleh saja selama tidak terdapat sesuatu yang membuat donasi yang diberikan para donator lewat saweria jadi berubah menjadi tidak jelas seperti identitas si donatur yang tidak bisa diketahui yang mana bisa saja menggunakan identitas palsu sehingga menimbulkan keraguan terhadapat uang donasi yang diberikan. Untuk itu dibutuhkan peraturan- yang kuat supaya terhindar dari hal-hal yang yang merugikan para pihak yang menggunakan Saweria. Sejauh ini pengaturan yang diatur sesuai APU PPT di Indonesia menjadi acuan saweria sebagai peraturan yang mereka gunakan nantinya apabila terjadi masalah dan memberikan jaminan keamanan dan menimbulkan rasa nyaman bagi para pihak yang terlibat dalam praktik saweria.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Hafid Siddiq Hafid
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:11
Last Modified: 08 Mar 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27372

Actions (login required)

View Item
View Item