Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Tema 5 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 7 Trienggadeng

Lisa Yana, 180209098 (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Tema 5 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 7 Trienggadeng. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Tema 5 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 7 Trienggadeng] Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Tema 5 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 7 Trienggadeng)
Lisa Yana, 180209098, FTK, PGMI, 085275148813.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Berdasarkan obsevasi di SD Negeri 7 Trienggadeng tepatnya di kelas V peneliti menemukan beberapa permasalahan, masih banyak siswa belum menguasai materi pembelajaran, dan juga nilai yang diperoleh siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang digunakan (75). Untuk menyelesaikan masalah di atas maka peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Melalui model ini peneliti membimbing siswa memecahkan masalah, menemukan ide-ide baru serta menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan aktivitas guru dalam meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning pada tema 5 subtema 1 di kelas V SD Negeri 7 Trienggadeng, (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa melalui penggunaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar di kelas V SD Negeri 7 Trienggadeng, (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Problem Based Learning kelas V SD Negeri 7 Trienggadeng. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 69,44% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,67% dengan kategori baik sekali, (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70,89% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87,47% dengan kategori baik sekali, (3) Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 53,33% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,66%. Berdasarkan data tersebut dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 5 Subtema 1 di kelas V SD Negeri 7 Trienggadeng.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lisa Yana
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:56
Last Modified: 08 Mar 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27376

Actions (login required)

View Item
View Item