Pendeteksian fake masker menggunakan metode convolutional neural network(cnn) dengan arsitektur xception

Muhammad Ridha, 180705038 (2013) Pendeteksian fake masker menggunakan metode convolutional neural network(cnn) dengan arsitektur xception. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Ai untuk image clasification menggunakan cnn dengan arsitektur Xception] Text (Ai untuk image clasification menggunakan cnn dengan arsitektur Xception)
Muhammad Ridha (180705038).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Convolutional neural network (CNN) merupakan metode yang terdapat pada deep learning yang diklaim sebagai metode terbaik atas permasalahan yang berkaitan dengan image classification. Perkembangan metode CNN saat ini telah menghasilkan banyak model atau arsitektur CNN terlatih yang dapat digunakan pada berbagai macam data, salah satunya citra masker wajah untuk pendeteksian secara otomatis. Penelitian ini menggunakan model arsitektur Xception. penelitian ini berfokus pada pendeteksian 3 objek yaitu wajah yang menggunakan masker, tidak bermasker dan fake masker. Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka diperoleh accuracy 99.53% dengan training 10 epoch dan accuracy 99.30% dengan training 5 epoch. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa model arsitektur Xception memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi dan semakin banyak epoch yang dilakukan makan accuracy yang didapatkan akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Muhammad Ridha Ridha
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:38
Last Modified: 08 Mar 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27379

Actions (login required)

View Item
View Item