Analisis Peran Tenaga Kerja Perempuan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Ojek Online Koala di Kota Banda Aceh)

Nurmela Fauzah, 190602100 (2023) Analisis Peran Tenaga Kerja Perempuan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Ojek Online Koala di Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ojek Online] Text (Ojek Online)
Nurmela Fauzah, 190602100, FEBI, ES, 082272314873.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kehadiran ojek online saat ini banyak memberikan manfaat dan bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama bagi pengemudi ojek onlilne di mana pengemudi ojek online yang telah bergabung merasa kualitas hidupnya jauh lebih baik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung pada objek yang akan diteliti untuk mendapatkan data primer. Sedangkan analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode berpikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perempuan bekerja sebagai pengemudi ojek online Koala adalah sebagai berikut: Faktor ekonomi dan faktor budaya. Peran tenaga kerja perempuan yang bekerja sebagai ojek online Koala yaitu peran ganda yang dijadikan oleh ibu rumah tangga yakni sebagai ibu rumah tangga dalam keluarga dan ibu yang bekerja, mereka lakukan demi meningkatkan perekonomian keluarganya serta dengan bekerja dalam meningkatkan perekonomian keluarganya tentu saja penghasilan yang diterima akan bermanfaat untuk menambah atau meningkatkan pendapatan keluarga, sehingga dapat terpenuhinya kebutuhan keluarganya dan peningkatan sumber daya manusia yang potensial untuk menjajah teknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurmela Fauzah Mela
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:40
Last Modified: 08 Mar 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27385

Actions (login required)

View Item
View Item