Problematika Waiting List Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Di Kota Banda Aceh

Indah Maulida Azhari, 180403044 (2022) Problematika Waiting List Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Problematika Waiting List Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Di Kota Banda Aceh] Text (Problematika Waiting List Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Di Kota Banda Aceh)
Indah Maulida Azhari, 180403044, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Problematika Waiting List Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Di Kota Banda Aceh” yang bertujuan untuk menjawab tiga rumusan masalah yaitu : Apa saja problematika waiting list dalam pelaksanaan ibadah haji, bagaimana peran Petugas Penyelenggara Haji (PPIH) dalam mengatur waiting list pelaksanaan keberangkatan haji dan apa saja faktor kendala yang menyebabkan waiting list dalam keberangkatan haji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika waiting list dalam proses pelaksanaan haji, untuk mengetahui peran Petugas Penyelenggara Haji (PPIH) Kota Banda Aceh mengatur waiting list dalam pelaksanaan keberangkatan haji dan untuk mengetahui penyebab waiting list dalam keberangkatan haji. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu bersifat kualitatif dimana dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa problematika dalam pelaksanaan ibadah haji adalah lamanya daftar tunggu bagi calon jamaah haji. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ter jadinya waiting list yakni pembukaan pendaftaran haji setiap jam kerja berlangsung, tidak adanya batasan dalam pendaftaran haji menyebabkan menumpuknya jumlah dana setoran jamaah haji dan meningkatnya waiting list, adanya penyebaran virus covid-19 menyebabkan meningkatnya waiting list keberangkatan haji. Seperti halnya di Negara Turki dalam meminimalisir lamanya antrian jamaah. Disana, mereka yang berusia di atas 55 tahun tidak dibenarkan untuk berangkat haji, Dalam hal ini perlu adanya kajian pembaharuan hukum di Indonesia khususnya di Kantor Kementerian Agama perihal penyelenggaraan pemberangkatan ibadah haji di Indonesia dalam hukum Syar’i yang menjadi landasan hukum utama penyelenggaraan. Sehingga diharapkan mampu mewujudkan kemaslahatan bagi semua masyarakat dan umat islam, terutama calon jamaah haji yang berada pada waiting list.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Indah Maulida Azhari
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:04
Last Modified: 08 Mar 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27391

Actions (login required)

View Item
View Item