Efektivitas Komunikasi Guru Dan Orang Tua Melalui Whatsapp Group Dalam Pembinaan Nilai Karakter Anak Di TK Cinta Ananda Banda Aceh

Dwi Nellyana, 170210038 (2023) Efektivitas Komunikasi Guru Dan Orang Tua Melalui Whatsapp Group Dalam Pembinaan Nilai Karakter Anak Di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Komunikasi Guru Dan Orang Tua Melalui Whatsapp Group Dalam Pembinaan Nilai Karakter Anak Di TK Cinta Ananda Banda Aceh] Text (Efektivitas Komunikasi Guru Dan Orang Tua Melalui Whatsapp Group Dalam Pembinaan Nilai Karakter Anak Di TK Cinta Ananda Banda Aceh)
Dwi Nellyana, 170210038, FTK, PIAUD, 085262108688.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Komunikasi guru dan orang tua adalah hal yang penting dalam dunia pendidikan. WhatsApp group adalah aplikasi yang mempermudah terjadinya komunikasi dalam pembinaan nilai karakter pada anak. TK Cinta Ananda sudah menerapkan komunikasi melalui WhatsApp group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara komunikasi guru dan orang tua melalui WhatsApp group dalam pembinaan nilai karakter anak. Nilai karakter merupakan suatu sifat atau sesuatu hal yang dianggap penting dalam pembinaan nilai karakter anak, khususnya nilai karakter disiplin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa, komunikasi guru dan orang tua melalui WhatsApp group efektif dalam pembinaan nilai karakter dengan rata-rata perolehan persentase 12,85%, ada beberapa cara yang digunakan oleh guru dan orang tua untuk bertukar informasi di TK Cinta Ananda Banda Aceh terkait pembinaan nilai karakter disiplin pada anak yaitu melalui: (1) Pesan tertulis, guru menginformasikan pesan mengenai jadwal terkait kedisiplinan kepada orang tua. (2) Video, guru mengirim video terkait kedisiplinan dalam hal bertanggung jawab kepada orang tua (3) Foto, guru mengirimkan atau menginformasikan kepada orang tua saat anak melakukan tanggung jawab dan menaati peraturan, dan (4) Pesan suara yang terkait dengan karakter disiplin anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Dwi Nellyana
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:02
Last Modified: 08 Mar 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27393

Actions (login required)

View Item
View Item