Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Pengenalan Praliterasi Di Paud Anak Bangsa Aceh Singkil

Nur Indahsari, 170210044 (2023) Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Pengenalan Praliterasi Di Paud Anak Bangsa Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Pengenalan Praliterasi Di Paud Anak Bangsa Aceh Singkil] Text (Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Pengenalan Praliterasi Di Paud Anak Bangsa Aceh Singkil)
Nur Indah Sari, 170210044, FTK, PIAUD, 081260233287.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Praliterasi merupakan proses pemerolehan bahasa secara lisan, pendidikan literasi dapat dilakukan dengan memberikan kegiatan-kegiatan yang menstimulasi interaksi verbal anak, salah satunya dengan menggunakan media kartu huruf. Media kartu huruf adalah kartu abjad yang berisi gambar, huruf dan tanda simbol. Perkembangan kognitif anak dalam mengenal keaksaraan awal di PAUD Anak Bangsa Aceh Singkil belum berkembang secara optimal, karena peserta didik belum mampu mengenal dengan baik simbol huruf, anak belum mampu membedakan huruf, serta anak belum mampu menyebutkan huruf A-Z dengan benar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media kartu huruf dalam pengenalan praliterasi anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan design one group pretest-posttest dengan jumlah sampel 11 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat kemampuan anak dalam mengenal simbol-simbol huruf, mengenal suara-suara hewan/benda yang ada di sekitar, meniru (menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z dengan menggunakan media kartu huruf. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diselesaikan, maka dapat dihitung thitung = 2,42 dan ttabel = 1,812 dengan derajat bebas (db) yaitu 10 pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung > ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf berpengaruh dalam pengenalan praliterasi anak di PAUD Anak Bangsa Aceh Singkil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Nur Indahsari
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:13
Last Modified: 09 Mar 2023 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27395

Actions (login required)

View Item
View Item