Pengembangan Modul Energi Terbarukan Berbasis Literasi Informasi Di SMA Negeri 16 Banda Aceh.

Salmiati, 170208018 (2023) Pengembangan Modul Energi Terbarukan Berbasis Literasi Informasi Di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Modul Energi Terbarukan Berbasis Literasi Informasi Di SMA Negeri 16 Banda Aceh] Text (Pengembangan Modul Energi Terbarukan Berbasis Literasi Informasi Di SMA Negeri 16 Banda Aceh)
Salmiati, 70208018, FTK, PK, 085297336496.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 16 Banda Aceh yang dilatarbelakangi oleh peserta didik hanya memperoleh informasi dari buku paket yang disediakan di sekolah tanpa adanya bahan ajar lainnya serta sekedar menerima informasi dari penjelasan guru dan peserta didik kurangnya minat membaca sehingga rendahnya tingkat literasi informasi. Maka dengan adanya pengembangan modul energi terbarukan berbasis literasi informasi sehingga dapat meningkatkan pemahaman, merangsang rasa ingin tahu peserta didik untuk terus membaca serta menyajikan informasi yang bermanfaat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan modul energi terbarukan berbasis literasi informasi dan respon peserta didik terhadap modul yang dikembangkan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi lembar validasi dan lembar angket. Analisis data validasi dan angket menggunakan rumus persentase lalu mengubahnya menjadi kalimat deskriptif. Hasil validasi dari ketiga validator menunjukkan rata-rata persentase sebesar 85,66% dengan kriteria “sangat layak”. Persentase dari angket respon peserta didik sebesar 81,59% dengan kriteria “sangat baik”. Hal ini menunjukkan bahwa modul energi terbarukan berbasis literasi informasi yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan di SMA Negeri 16 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Energi Terbarukan, Literasi Informasi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Salmiati Salmi
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:12
Last Modified: 09 Mar 2023 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27402

Actions (login required)

View Item
View Item