Analisa Praktik Pembiayaan Murabahah Pada Bank Aceh Syariah : Tinjauan Fatwa DSN-MUI No.16/DSN-MUI/Ix/2000 Tentang Diskon

Nurul Hidayati Sardi, 140603113 (2023) Analisa Praktik Pembiayaan Murabahah Pada Bank Aceh Syariah : Tinjauan Fatwa DSN-MUI No.16/DSN-MUI/Ix/2000 Tentang Diskon. Other thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Murabahah Diskon Fatwa DSN-MUI] Text (Murabahah Diskon Fatwa DSN-MUI)
SKRIPSI, NURUL HIDAYATI SARDI, 140603113 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perbankan syariah semakin berkembang pesat dalam industri lembaga keuangan syariah pada masa ini. Salah satu produknya adalah pembiayaan murabahah yang menjadi produk unggulan pada perbankan syariah termasuk pada Bank Aceh Syariah. Pada pembiayaan murabahah tersebut memiliki keuntungan seperti adanya diskon. Dan dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah praktik pembiayaan murabahah terutama mengenai pemberian diskon yang dilakukan oleh Bank Aceh Syariah telah sesuai dengan fatwa DSN-MUI. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara. Temuan dalam penelitian ini bahwa, praktik pembiayaan murabahah terutama mengenai diskon telah sejalan dengan fatwa DSN-MUI No.16/DSN-MUI/IX/2000 tentang diskon dalam murabahah, dimana dalam fatwa ini dijelaskan bahwa “jika pemberian diskon terjadi setelah akad, pembagian diskon tersebut dilakukan berdasarkan perjanjian (persetujuan) yang dimuat dalam akad”.

Kata kunci: Murabahah, Diskon, Fatwa DSN-MUI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Nurul Hidayati Sardi Nurul
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:38
Last Modified: 09 Mar 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27414

Actions (login required)

View Item
View Item