Analisis Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Pembiayaan Musyarakah pada Bank Syariah Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan

Firda Nur Intan, 160603211 (2021) Analisis Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Pembiayaan Musyarakah pada Bank Syariah Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Akad Musyarakah] Text (Akad Musyarakah)
Firda Nur Intan, 160603211, FEBI, PS, 081265124508.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Transaksi musyarakah dilakukan dengan adanya keinginan para pihak yang bekerja sama untuk meningkatkan nilai aset yang mereka miliki secara bersama-sama. Dalam hal ini masyarakat perlu adanya pemahaman untuk mengmabil suatu akad khususunya akad musyarakah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman masyarakat terhadap pembiayaan musyarakah. perbankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan Bahwa masih minimnya pemahaman masyarakat terhadap produk musyarakah yang ada di bank syariah yang disebabkan oleh beberapa hal yaitu: Pertama, kategori masyarakat tidak paham, hal ini dikarenakan memang belum pernah mengambil di bank syariah, akan tetapi dulu masyarakat mengambil di bank konvensional, Kedua, kategori masyarakat kurang paham, dikarenakan masyarakat ini pernah melakukan transaksi di bank syariah, akan tetapi kurangnya pemahaman secara baik dikarenakan pembiayaan yang diambil tidak dipelajari secara akurat, dan Ketiga, kategori masyarakat yang memahami tentang akad musyarakah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Firda Nur Intan Firda
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:11
Last Modified: 09 Mar 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27428

Actions (login required)

View Item
View Item