Pemahaman Ilmu Tajwid Siswa SMA Negeri 1 Samudera Aceh Utara

Nabilah Fathnin, 180303046 (2023) Pemahaman Ilmu Tajwid Siswa SMA Negeri 1 Samudera Aceh Utara. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemahaman Ilmu Tajwid] Text (Pemahaman Ilmu Tajwid)
Nabilah Fathnin_IAT_Skripsi Revisi Sidang_1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca Alquran yang benar merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim berupa fardhu ‘ain dan mempelajarinya merupakan fardhu kifayah, artinya ilmu Tajwid sangat penting untuk dipelajari. Peneliti mendapati bahwa pemahaman ilmu tajwid di kalangan siswa SMA Negeri 1 Samudera masih tergolong rendah melalui nilai ilmu Tajwid siswa yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penelitian ini ingin melihat pemahaman ilmu Tajwid siswa SMA Negeri 1 Samudera dan apa saja faktor yang mempengaruhi pemahaman ilmu Tajwid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi lapangan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi pada sepuluh informan yang terpilih. Kemudian data diolah secara deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran ilmu Tajwid sudah terlaksana sesuai dengan kurikulum sekolah yang berlaku, namun pemahaman siswa terbagi menjadi tiga tingkat yaitu menerjemahkan, menafsirkan dan mengeksplorasi. Secara praktik menunjukkan tingkat pemahaman siswa berpengaruh pada praktik bacaan, sehingga siswa yang memiliki pemahaman rendah maka bacaan yang dimiliki juga rendah. Pemahaman siswa paling dominan dipengaruhi oleh kedisiplinan siswa ketika guru menjelaskan. Siswa yang memiliki pemahaman yang rendah mendapat bimbingan lanjutan dari dewan guru, namun masih kurangnya pemahaman siswa terhadap ilmu Tajwid dalam praktik bacaan Alquran.

Kata kunci: Pemahaman, Ilmu Tajwid, Alquran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.121 Tajwid
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Nabilah Fathnin
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:32
Last Modified: 09 Mar 2023 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27436

Actions (login required)

View Item
View Item