Pengembangan LKPD Terinternalisasi Nilai-nilai Ketauhidan pada Materi Ikatan Kimia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar.

Maqfirah, 170208009 (2023) Pengembangan LKPD Terinternalisasi Nilai-nilai Ketauhidan pada Materi Ikatan Kimia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Terinternalisasi Nilai-nilai    Ketauhidan pada Materi Ikatan Kimia di MAS Darul    Ihsan Aceh Besar] Text (Pengembangan LKPD Terinternalisasi Nilai-nilai Ketauhidan pada Materi Ikatan Kimia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar)
Maqfirah, 170208009, FTK, PKM, 085361427149.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MAS Darul Ihsan Aceh Besar yang dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang belum menggunakan LKPD terinternalisasi nilai-nilai ketauhidan pada materi kimia. Maka dengan adanya pengembangan LKPD yang terinternalisasi nilai-nilai ketauhidan dapat menjadi bahan ajar tambahan yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, serta dapat meningkatkan wawasan dan merangsang rasa ingin tahu peserta didik terhadap nilai-nilai ketauhidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKPD terinternalisasi nilai-nilai ketauhidan pada materi ikatan kimia, serta untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model desain ADDIE. Subjek penelitian yaitu satu orang guru kimia dan 30 orang peserta didik dari kelas X MIPA 5. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi dan angket. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus persentase kemudian mengubahnya menjadi kalimat deskriptif. Hasil validasi dari ketiga validator diperoleh rata-rata presentase sebesar 91% dengan kriteria “sangat layak”. Persentase respon guru dan peserta didik yang diperoleh berturut-turut yaitu 100% dan 99,67% dengan kriteria “sangat baik”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD terinternalisasi nilai-nilai ketauhidan pada materi ikatan kimia ini sangat layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar di MAS Darul Ihsan Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD, Internalisasi Nilai-nilai Ketauhidan, Ikatan Kimia
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Maqfirah Maqfirah
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:38
Last Modified: 10 Mar 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27448

Actions (login required)

View Item
View Item