Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kumon Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP

Ninda Suharni, 160205073 (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kumon Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kumon Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kumon Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP)
Ninda Suharni, 160205073, FTK, PMA, 085262349383.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis sangat penting dimiliki siswa karena hal yang berhubungan dengan belajar akan membutuhkan pemahaman dan pemaknaan materi. Namun faktanya kemampuan pemahaman matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa yaitu model pembelajaran kumon. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran kumon dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran kumon dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif, metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Data yang dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemahaman matematis siswa dengan analisi data melalui statistik diferensial. Penelitian ini melibatkan populasi seluruh kelas VII SMPN 13 Banda Aceh dan menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Pemberian pre-test untuk kedua kelas. Selanjutnya pemberian pengajaran untuk kelas ekperimen dengan model pembelajaran kumon. Setelah selesai proses pembelajaran, pemberian post-test untuk kedua kelas dengan soal yang sama untuk melihat perubahan kemampuan pemahaman matematis siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: t_hitung>t_tabel yaitu 10,2>1,678 maka terima H1 dan dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran kumon dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional, dan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran kumon lebih baik daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ninda Suharni
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:50
Last Modified: 10 Mar 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27449

Actions (login required)

View Item
View Item