Peran Syaikh Fahad Al-Kandari Dalam Membumikan Al-Qur’an Melalui Channel Youtube.

Noviar, 180303066 (2023) Peran Syaikh Fahad Al-Kandari Dalam Membumikan Al-Qur’an Melalui Channel Youtube. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Syaikh Fahad Al-Kandari Dalam Membumikan Al-Qur’an Melalui Channel Youtube] Text (Peran Syaikh Fahad Al-Kandari Dalam Membumikan Al-Qur’an Melalui Channel Youtube)
Noviar, 180303066, FUF, IAT, 085256904196.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pada dasarnya keberadaan internet dan media sosial memiliki dua dampak yaitu berdampak positif apabila digunakan dengan baik dan berdampak negatif apabila disalahgunakan, akan tetapi banyak para ulama yang menjadikan perkembangan teknologi ini sebagai fasilitas dalam berdakwah agar umat Muslim dapat mengakses pengetahuan agama dengan mudah. Salah satu tokoh yang mendakwahkan Alquran melalui media sosial adalah Syaikh Al-Kandari. Media yang menjadi fokus Syaikh Al-Kandari dalam menyampaikan dakwah diantaranya melalui Youtube dan Instagram. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah meneliti bagaimana peran dari Syaikh Al-Kandari dalam membumikan Alquran melalui channel Youtube dan bagaimana implikasi dari kajian yang disampaikan bagi para audience. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran Syaikh Al-Kandari dalam membumikan Alquran melalui media Youtube dan implikasinya terhadap audience. Penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research) serta menggunakan pendekatan deskriptif dengan kajian di media sosial dan termasuk jenis penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Syaikh Al-Kandari memilik peran penting dalam membumikan Alquran melalui Youtube. Syaikh Al-Kandari merupakan imam besar Masjid negara, duta yayasan Alquran, serta sebagai supervisor halaqah Alquran sehingga kajiannya mampu memberikan implikasi terhadap audience yang berdasarkan aspek dengan terpenuhinya tiga teori komunikasi massa yaitu efek kognitif, efek afektif dan efek behavioral.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Syaikh Al-Kandari, Peran, Implikasi, Channel Youtube
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Noviar Noviar
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:19
Last Modified: 10 Mar 2023 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27459

Actions (login required)

View Item
View Item