Makna Shibghat Allah Dalam Al-Qur’an (Kajian Terhadap Tafsir Al-Azhar)

Sumaiyah Binti Subberi, 170303119 (2020) Makna Shibghat Allah Dalam Al-Qur’an (Kajian Terhadap Tafsir Al-Azhar). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Makna Shibghat Allah Dalam Al-Qur’an (Kajian Terhadap Tafsir Al-Azhar)] Text (Makna Shibghat Allah Dalam Al-Qur’an (Kajian Terhadap Tafsir Al-Azhar))
Prosiding Sumaiyah pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kata shibghat Allah merupakan salah satu dari perkataan Allah yang disebut di dalam al-qur’an. Namun, perkataan ini telah dirangkaikan pula dengan perkataan orang yang beriman dalam satu ayat. Ini merupakan sebuah keistimewaan yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara keduanya. Hal ini membutuhkan kepada diskusi yang lebih bersifat khusus untuk menunjukkan hubungan antaranya. Oleh yang demikian, penelitian ini akan memberi fokus pada pembahasan makna yang terkandung dalam kata shibghat Allah tersebut. Tujuan penelitian ini pula adalah untuk menemukan keistimewaan kata shibghat Allah dan bentuk hubungan yang dimaksudkan dalam ayat. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur tafsir dan pengumpulan data dalam bentuk penelitian kepustakaan (library research) dengan mempelajari serta mengumpulkan data dari sumber perpustakaan. Hasil penelitian ini telah menemukan bahwa makna kata shibghat Allah dapat disimpulkan menjadi tiga makna yaitu celupan warna pada alam, fitrah Allah dan pemandian yang benar. Sementara hubungan yang kuat antara hamba dengan Penciptanya adalah hubungan keagamaan yang telah difitrahkan dalam dirinya sejak mula diciptakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Sumaiyah Binti Subberi Sumaiyah
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:22
Last Modified: 10 Mar 2023 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27461

Actions (login required)

View Item
View Item