Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Materi Sistem Operasi Jaringan Di SMKS Darul Ihsan

Muhammad Ilham Rezki Barawas, 180212112 (2022) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Materi Sistem Operasi Jaringan Di SMKS Darul Ihsan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi   Miskonsepsi   Siswa   Kelas   XI   Pada   Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Materi Sistem Operasi Jaringan Di SMKS Darul Ihsan] Text (Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Materi Sistem Operasi Jaringan Di SMKS Darul Ihsan)
Muhammad Ilham Rezki Barawas, 180212112, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas IX pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan materi Sistem Operasi Jaringan di SMKS Darul Ihsan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan materi Sistem Operasi Jaringan di SMKS Darul Ihsan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes diagnostik yang dilengkapi dengan CRI (Certainty of Response Index) dan wawancara secara bebas terpimpin. Hasil data menunjukkan bahwa rata-rata tingkat menebak (M) sebanyak 13,77%, paham konsep (PK) sebanyak 4,44%, kurang paham konsep (KPK) sebanyak 0,44%, tidak paham konsep (TPK) sebanyak 26,22%, dan miskonsepsi (MK) sebanyak 55,11%. Berdasarkan hasil indentifikasi, miskonsepsi tertinggi pada siswa muncul pada soal nomor 1, 2 dengan indikator soal konsep pengertian teori sistem operasi jaringan sebesar 86,67% dan 66,66%, dan soal nomor 4 dengan indikator soal konsep fungsi sistem operasi jaringan sebesar 86,67%. Hasil wawancara yang telah dilaksanakan, miskonsepsi terjadi disebabkan oleh siswa itu sendiri karena tidak memahami konsep secara utuh dan kurangnya minat siswa untuk membaca atau mengulang
materi yang sudah dipelajari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.3 Komputer, Sain, Teknologi, Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muhammad Ilham Rezki Barawas Rezki
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:33
Last Modified: 10 Mar 2023 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27463

Actions (login required)

View Item
View Item