Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Pada Siswa SMP.

Riski Almazat, 170205027 (2023) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Pada Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri   Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Pada Siswa SMP] Text (Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Pada Siswa SMP)
Rizki Almazat, 170205027, FTK, PMA, 082274647559.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep geometri sangat penting dalam matematika. Namun, nyata-nya di lapangan menunjukan kemampuan pemahaman konsep geometri siswa masih rendah, sehingga dibutuhkan suatu solusi untuk dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep geometri siswa. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat, seperti model discovery learning dengan berbantuan geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat proses meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan geogebra. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desaian one-grup pretest and posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Baro dengan pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling, dari 4 kelas yang ada, terpilih satu kelas eksperimen yaitu kelas VIII-A. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen utama yaitu soal tes dan geogebra, instrumen pendukung yaitu RPP dan LKPD yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian tersebut menunjukkan persentase siswa dari setiap indikator kemampuan pemahman konsep geometri. Di lihat dari hasil jawaban pre test dan post test dalam kategori kurang/cukup mengalami penurunan dari yang sebelumnya 65,50% siswa menjadi 39,06%, dan dalam kategori baik/baik sekali mengalami peningkatan yang sebelumnya 37,50% menjadi 60,94%. sehingga dari hasil tersebut disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep geometri siswa setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra meningkat secara signifikan dari pada kemampuan pemahaman konsep geometri siswa sebelum diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampaun Pemahaman Konsep Geometri, Model Discovery Learning, Geogebra
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Almazat Al
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:56
Last Modified: 10 Mar 2023 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27464

Actions (login required)

View Item
View Item