Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Beras Bagi Pedagang Pengecer di Lambaro Kaphee (Studi Kasus Penerapan Konsep Ekonomi Islam)

Nurul Navis, 140602187 (2018) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Beras Bagi Pedagang Pengecer di Lambaro Kaphee (Studi Kasus Penerapan Konsep Ekonomi Islam). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keputusan Pembelian] Text (Keputusan Pembelian)
Nurul Navis, 140602187, FEBI, ES, 081360259424.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang beras yang berada di pasar induk lambaro yang berjumlah 36 orang. Metode pengumpulan data yang di lakakan adalah dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan merek terhadap keputusan pembelian beras bagi pedagang pengecer di Lambaro Kaphee e. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Dari hasil penelitian menujukkan bahwa secara simultan variabel harga dan merek (brand) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pedagang pengecer di pasar induk lambaro. Hal ini dapat di buktikan dengan melihat nilai Fhitung sebesar 12,190 dimana lebih besar dari Ftabel 2,89 dan nilai probabilitas signifikan 0,000. Sedangkan secara parsial kedua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian beras bagi pedagang pengecer di pasar induk Lambaro. Hal ini dapat di buktikan dengan melihat nilai thitung variabel harga sebesar 3,293 yang lebih besar dari ttabel 2,03452 dengan nilai probabilitas signifikan 0,02. Kemudian Nilai thitung variabel merek (brand) sebesar 2,038 yang lebih besar dari nilai ttabel 2,03452 dengan probabilitas signifikan sebesar 0, 050. Berdasarkan uji R Square (R2) pengaruh yang di berikan sebesar sebesar 42,5% sedangkan sisanya 57,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar model yang tidak di masukan kedalam penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Navis Nurul
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:56
Last Modified: 13 Mar 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27468

Actions (login required)

View Item
View Item