Manajemen Politik Nabi : Studi Singkat Melalui Petunjuk Al-Qur’an

Nur Yasmin binti Aliyashak, 170303115 Manajemen Politik Nabi : Studi Singkat Melalui Petunjuk Al-Qur’an. Manajemen Politik Nabi : Studi Singkat Melalui Petunjuk Al-Qur’an.

[thumbnail of Manajemen Politik Nabi : Studi Singkat Melalui Petunjuk Al-Qur’an] Text (Manajemen Politik Nabi : Studi Singkat Melalui Petunjuk Al-Qur’an)
Terjemahan Artikel_Nur Yasmin binti Aliyashak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (572kB)

Abstract

Banyak yang beranggapan bahwa manusia bebas untuk mengejar urusan politik demi mencapai tujuan mereka sendiri. Namun Islam memandang urusan politik sebagai bagian dari ajaran agama untuk memenuhi kebutuhan manusia yang harus dipraktikkan berdasarkan aturan dan pandangan moral. Kajian ini menggunakan metode studi analisis konten untuk mengungkap konsep dan teknik yang berkaitan dengan urusan politik Nabi Muhammad sebagaimana dicatat oleh Al-Qur’an dan sumber-sumber lainnya. Tiga prinsip politik utama menurut Nabi yaitu tauhid, risalah dan khilafah. Sirah Nabi mencatatkan berbagai gaya pendekatan kepemimpinan yang ia gunakan dalam politik untuk memimpin komunitas Muslim. Di antara pendekatan ini adalah manajemen dengan perubahan, manajemen dengan keterampilan, manajemen dengan mengorganisasi serta meletakkan beberapa kebijakan yang terkait dengan hubungan dengan negara asing. Kesimpulannya, urusan politik dan kepemimpinannya merupakan konsep terintegrasi yang mencerminkan proses urusan politik sebagai kepala negara Muslim dan pada saat yang sama menyebarkan Islam sebagai utusan Allah yang berjalan secara bersamaan

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Nur Yasmin Binti Aliyashak Yasmin
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:52
Last Modified: 13 Mar 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27471

Actions (login required)

View Item
View Item