Sistem Pengolahan Bahan Pustaka Dan Dampaknya Tehadap Temu Balik Koleksi (Penelitian Di Dinas Pepustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara)

Rauzatunnisa, 170503034 (2023) Sistem Pengolahan Bahan Pustaka Dan Dampaknya Tehadap Temu Balik Koleksi (Penelitian Di Dinas Pepustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Sistem Pengolahan Bahan Pustaka Dan Dampaknya Tehadap Temu Balik Koleksi (Penelitian Di Dinas Pepustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara)] Text (Sistem Pengolahan Bahan Pustaka Dan Dampaknya Tehadap Temu Balik Koleksi (Penelitian Di Dinas Pepustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara))
Rauzatunnisa, 170503034, FAH, IP, 082367284743.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 30 July 2023.
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Sistem Pengolahan Bahan Pustaka dan Dampaknya Terhadap Temu Balik Koleksi (Penelitian di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara). Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk membuat skripsi ini didasarkan pada hasil observasi awal yang penulis lakukan dengan para pustakawan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara, dimana pada proses pengolahan bahan pustaka terdapat ketidaksuaian antara subyek buku dengan nomor kelas, sehingga akan berdampak pada temu balik koleksi yang dilakukan oleh pemustaka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sistem pengolahan bahan pustaka dan dampaknya terhadap temu balik koleksi yang dilakukan di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengolahan yang dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara dan dampaknya terhadap temu balik informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif melalui pendekatan deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengolahan bahan pustaka yang dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara sudah memenuhi standar pengolahan Perpustakaan Nasional RI dikarenakan sudah menggunakan Dewey Decimal Classification (DDC) dan Daftar Tajuk Subjek sebagai pedoman pengolahan. Akan tetapi dalam proses pengolahannya terdapat ketidaksesuaian antara nomor kelas dengan subjek isi bahan pustaka ini disebabkan oleh kurang teliti dalam mengolah dan memberikan nomor kelas, Selain itu, Pustakawan yang ada kurang memahami tata cara pengolahan koleksi yang benar, hal ini menyebabkan beberapa bahan pustaka yang belum diolah namun sudah di sirkulasikan sehingga pada saat proses penelusuran informasi pemustaka kesulitan menemukan koleksi yang dicari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Rauzatunnisa Rauzatunnisa
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:55
Last Modified: 14 Apr 2023 01:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27472

Actions (login required)

View Item
View Item