Pemahaman Jama’ah Masjid Al-Hasyimiyah Terhadap Surah Al-Qadr

Septeria Melda Jaya, 170303039 (2023) Pemahaman Jama’ah Masjid Al-Hasyimiyah Terhadap Surah Al-Qadr. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Pemahaman Jama’ah Masjid Al-Hasyimiyah Terhadap Surah Al-Qadr] Text (Pemahaman Jama’ah Masjid Al-Hasyimiyah Terhadap Surah Al-Qadr)
Septeria Melda Jaya, 170303039, FUF, IAT, 085261666104.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Dalam penelitian skripsi ini penulis akan fokus membahas tentang pemahaman jama’ah Masjid al-Hasyimiyah terhadap surah al-Qadr. Penulis menganggap hal ini menarik untuk dibahas karena dari penamaan surahnya saja sudah menunjukkan keistimewaan, selain itu turunnya surah al-Qadr pada waktu bulan suci Ramadhan, yang kita ketahui bahwa pada bulan Ramadhan terdapat banyak sekali kebaikan-kebaikan yang Allah SWT akan lipatgandakan pahalanya. Dari uraian tersebut pemahaman seseorang terhadap surah al-Qadr dapat dilihat apabila ia paham seluruh isi kandungan surah tersebut, namun yang terjadi pada realita sekarang ketika ditanya tentang surah al-Qadr yang terlintas hanya tentang lailatul qadar tanpa tahu bahwa surah al-Qadr ini juga berbicara turunnya al-Quran. Pada surah ini juga Nabi Muhammad Saw menyuruh kepada umatnya untuk lebih giat beribadah kepada Allah ketika penghujung Ramadhan, namun yang terjadi di Masjid al-Hasyimiyah masjid sangatlah sepi dan terdapat beberapa jama’ah tidak tidur sepanjang malam hanya berbicara hal-hal duniawi. Berdasarkan fenomena yang terjadi mengenai surah al-Qadr peneliti ingin mengetahui bagaimana pemahaman dan pengaruh terhadap peribadatan jama’ah Masjid al-Hasyimiyah. Peneliti menggunakan penelitian jenis kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pemahaman jama’ah masjid al-Hasyimiyah yang terdapat pada surah al-Qadr jika dijelaskan secara menyeluruh pengetahuan jama’ah masih kurang. Tetapi, dalam menjelaskan. lailatul qadarnya saja sudah mampu menjelaskan dengan pendapatnya masing-masing. Pengaruh pemahaman terhadap peribadatan jama’ah masjid al-Hasyimiyah memiliki respon yang baik seperti menambah kualitas kekhusyukan, diberikan kecukupan oleh Allah SWT, diberikan kesuksesan, doa dikabulkan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Septeria Melda Jaya
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:10
Last Modified: 13 Mar 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27478

Actions (login required)

View Item
View Item