Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Wakaf Uang (Studi Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)

Karunia Putri, 170602131 (2023) Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Wakaf Uang (Studi Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Wakaf Uang (Studi Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)] Text (Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Wakaf Uang (Studi Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar))
Karunia Putri, 170602131, FEBI, ES, 082259384943.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Wakaf uang merupakan jenis inovasi harta wakaf yang fleksibel untuk dikembangkan dan dikelola dalam sektor riil maupun sektor keuangan. Sebagian besar kalangan masyarakat muslim akan mudah berkontribusi bagi perkembangan perekonomian umat dengan melakukan wakaf uang. Namun realisasi wakaf uang yang terhimpun di Indonesia masih jauh dibandingkan potensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman masyarakat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar terhadap wakaf uang serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman tersebut. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Teknik pemilihan sampel menggunakan accidental sampling yaitu sebanyak 100 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Pemahaman Masyarakat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar terhadap wakaf uang berada pada kategori tinggi. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman masyarakat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar terhadap wakaf uang baik secara parsial maupun simultan adalah pengetahuan agama dan akses media informasi. Sedangkan ketertiban dalam organisasi social/agama secara pasrsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Karunia Putri
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:16
Last Modified: 13 Mar 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27480

Actions (login required)

View Item
View Item