Pengaruh Kondisi Ekonomi Terhadap Sosial Keagamaan Nelayan Desa Alue Naga

Elvira Diahayu Pratiwi, 160501011 (2023) Pengaruh Kondisi Ekonomi Terhadap Sosial Keagamaan Nelayan Desa Alue Naga. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pengaruh Kondisi Ekonomi Terhadap Sosial Keagamaan Nelayan Desa Alue Naga] Text (Pengaruh Kondisi Ekonomi Terhadap Sosial Keagamaan Nelayan Desa Alue Naga)
Elvira Diahayu Pratiwi, 160501011, FAH, SKI, 081262761026.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini mengenai “Pengaruh Kondisi Ekonomi Terhadap Sosial Keagamaan Nelayan Desa Alue Naga”, yang bertujuan guna mengetahui pengaruh ekonomi terhadap sosial keagamaan nelayan Desa Alue Naga. Metode yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana peneliti sendiri menjadi key instrumen, yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Penentuan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dan snowball sampling. Informan terdiri dari kepala desa, nelayan, toke boat dan istri nelayan. Adapun hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaruh kondisi ekonomi yang paling jelas memberikan dampak terhadap aspek sosial keagamaan masyarakat nelayan Alue Naga adalah pada praktek shalat jamaah, pengajian dan perayaan hari-hari besar Islam. Hal ini disebabkan oleh berbagai factor antara lain adanya ekonomi, pendidikan dan letak geografis desa. Ekonomi masih menjadi faktor yang paling berpengaruh karena ketika masuk waktu shalat jamaah dan pengajian nelayan masih bekerja. Dalam perayaan hari besar Islam juga turut terpengaruh, hal ini dikarenakan diperlukan adanya biaya. Sedangkan perekonomian pesisir yang tidak menentu dan selalu terindikasi dengan kemiskinan membuat perayaan hari-hari besar diwilayah pesisir Alue Naga menjadi lebih sederhana dibandingkan dengan daerah Aceh lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Elvira Diahayu Pratiwi Vira
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:23
Last Modified: 13 Mar 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27481

Actions (login required)

View Item
View Item