Pemanfaatan Sistem Presensi Wajah Face Recognition dalam Meningkatkan Kinerja ASN pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Banda Aceh

Iga Mawarni, 180802066 (2022) Pemanfaatan Sistem Presensi Wajah Face Recognition dalam Meningkatkan Kinerja ASN pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kinerja ASN] Text (Kinerja ASN)
Iga Mawarni, 180802066, FISIP, IAN, 082370136424.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB)

Abstract

Presensi sebagai cara yang dilakukan oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melihat jumlah kehadiran. Penggunaan sistem Presensi pengenalan wajah “face recognition” sebagai wujud dari pengaplikasian sistem Presensi berbasis elektronik. BKPSDM Kota Banda Aceh merupakan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kedua yang menggunakan Presensi wajah face recognition di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh. Presensi wajah sebagai sebuah aplikasi berbasis web dengan menggunakan fitur face recognition dan jaringan interkoneksi kota dan terintegrasi dengan sistem E-kinerja Kota Banda Aceh. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimaman pemanfaatan sistem Presensi wajah dalam meningkatkan kinerja ASN di BKPSDM Kota Banda Aceh dan apa kendala dalam pemanfaatan Presensi face recognition dari segi pengguna maupun pemerintah di BKPSDM Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan sistem Presensi wajah dalam meningkatkan kinerja ASN di BKPSDM Kota Banda Aceh. Metodelogi penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan descriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pemanfaatan Presensi wajah face recognition sudah diterapkan dengan baik dan dapat mendukung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di BKPSDM Kota Banda Aceh dalam melakukan aktivitas pelayanan untuk meningkatkan kinerja ASN. Kesimpulan penelitian menujukkan bahwa pemanfaatan sistem Presensi wajah face recognition sudah berjalan dengan baik namun terbatasnya kapasitas yang dimiliki oleh server maupun web Presensi wajah face recognition yang tidak mampu menampung kapasitas dalam jumlah yang banyak serta kendala yang sering terjadi menyangkut dengan permasalahan jaringan dalam melakukan akses web, hal teknis lainnya seperti batas waktu Presensi hingga pemadaman listrik dan kesulitan mendeteksi wajah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Iga Mawarni Iga
Date Deposited: 04 May 2023 02:15
Last Modified: 04 May 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27484

Actions (login required)

View Item
View Item