Pengaruh Metode Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kemampuan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh

Arista, 180210098 (2023) Pengaruh Metode Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kemampuan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Metode Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kemampuan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh] Text (Pengaruh Metode Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kemampuan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh)
Arista, 180210098, FTK, PIAUD, 085835137669.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Metode reward dan punishment dianggap sebagai cara atau metode seorang guru dalam mengambil tindakan terhadap perilaku anak, jika dalam hal positif diberikan penghargaan atau hadiah sebaliknya jika dalam hal negatif maka dapat diberikan hukuman dalam konteks mendidik. Pada sekolah TK IT Permata Sunnah ditemukan masih ada siswa TK yang terlambat ke sekolah, anak suka mengganggu temannya, anak tidak patuh terhadap aturan kelas dan tidak mau menunggu giliran dengan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode reward dan punishment dengan diagram chart berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun. Desain penelitian yang dipakai adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan dua kelas. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 anak. Sampel sejumlah 15 anak pada masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistik inferesial dengan uji normalitas data, uji homogenitas, uji t-independent sample dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu: 3,219 > 2,048. Hal ini menunjukkan Ho diterima dan Ha ditolak, artinya terdapat pengaruh metode reward dan punishment untuk meningkatkan kemampuan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Sunnah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Arista Arista
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:33
Last Modified: 14 Mar 2023 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27487

Actions (login required)

View Item
View Item