Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Tatanama Senyawa Dengan Metode Certainty Of Response Indexs (CRI) Di MAN 2 Aceh Selatan

Adetia Novesti, 180208071 (2023) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Tatanama Senyawa Dengan Metode Certainty Of Response Indexs (CRI) Di MAN 2 Aceh Selatan. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Adetia Novesti, 180208071, FTK, PKM, 082262110815.pdf] Text
Adetia Novesti, 180208071, FTK, PKM, 082262110815.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara awal bahwa miskonsepsi terjadi pada materi tatanama senyawa, karena pada materi tatanama senyawa banyak terdapat aturan-aturan yang harus diperhatikan dalam penamaan senyawa sehingga siswa kesulitan dalam memberi tatanama senyawa anorganik dan kurangnya kemampuan siswa dalam mengingat dan menghafal juga penyebab terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat miskonsepsi siswa pada materi tatanama senyawa dengan metode Certainty Of Response Index (CRI) di MAN 2 Aceh Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Aceh Selatan yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik tes objektif pilihan ganda beralasan terbuka yang dilengkapi dengan CRI (Certainty Of Response Indexs). Pengolah data yaitu dengan menggunakan teknik perhitungan persentase. Hasil dari analisa data menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pemahaman siswa yaitu untuk siswa yang paham konsep dan yakin (PKY) memiliki persentase 46,6%, siswa yang paham konsep tetapi tidak yakin (PKTY) 5,35%, siswa yang tidak tahu konsep (TTK) 29,6%, dan siswa yang mengalami miskonsepsi (M) memiliki persentase sebesar 18,4%. Penyebab terjadinya miskonsepsi karena siswa tidak memahami konsep dengan baik, tidak paham dan tidak hafal tentang lambang atau unsur kimia, kemudian pemilihan tingkat keyakinan CRI terlalu tinggi sehingga menyebabkan terjadinya miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Adetia Novesti
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:34
Last Modified: 14 Mar 2023 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27492

Actions (login required)

View Item
View Item