Ketaatan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam Program Keluarga Harapan (PKH) di Gampong Manyang Cut Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Haris Munandar, 160802099 (2022) Ketaatan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam Program Keluarga Harapan (PKH) di Gampong Manyang Cut Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Program Keluarga Harapan] Text (Program Keluarga Harapan)
Haris Munandar, 160802099, FISIP, IAN, 081260669179.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Program Keluarga Harapan merupakan salah satu program pemerintah yang sudah ada sejak tahun 2007 guna mempercepatan penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Program PKH di Kabupaten Pidie Jaya dilaksanakan pertama kalinya pada tahun 2013. Penerima PKH di Kecamatan Meureudu terutama di desa Manyang Cut saat ini sebanyak 41 KK. Setiap KPM memiliki kewajibannya masing- masing. Apabila KPM tidak memenuhi kewajiban, maka dikenakan sanksi berupa penghentian bantuan dana PKH. Seperti yang terjadi di desa Manyang Cut, ada dua KK yang diberhentikan bantuan sosialnya dikarenakan tidak melaksanakan kewajibannya sebagai KPM PKH yaitu tidak memasang stiker PKH/ mencabut stiker PKH dan ada juga dikarenakan anak berhenti sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ketaatan KPM dalam PKH dalam di Gampong Manyang Cut Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya dan untuk mengetahui dan menganalisis pendataanKPM dalam di Gampong Manyang Cut Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwaKetaatan Keluarga KPM dalam PKH di Gampong Manyang Cut dalam menjalankan kewajibannya, bisa dikatakan baik secara keseluruhan,walaupun ada beberapa yang dikeluarkan. yang telah dikeluarkan kepesertaanya tidak dapat diajukan kembali sebagai pesertaPendataan. KPM dalam PKH di Gampong Manyang Cut saat ini sudah dikategorikan baik dan berjalan dengan lancar. Adapun tahapan pendataan KPM PKH yaitu sebagai berikut: 1) Tahap perencanaan 2) Tahap Pertemuan awal dan validasi 3) Penetapan KPM PKH 4) Penyaluran bantuan social 5) Pemutakhiran Data 6) Verivikasi komitmen 7) Pendampingan 8) Transformasi kepesertaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Haris Munandar Haris
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:47
Last Modified: 14 Mar 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27498

Actions (login required)

View Item
View Item